131 Manfaat Kembang Merak Bagi Kesehatan

Feb 3 2015 - 6:53am admin indonews3

131 Manfaat Kembang Merak Bagi Kesehatan Kembang merak, dari namanya saja sudah menarik untuk melirik bunga yang satu ini. Jika dilihat dari gambar, maka memang benar jika bunga ini dijuluki sebagai kembang merak. Pasalnya bentuk bunganya yang panjang seperti bulu merak tumbuh memanjang keatas dengan beragam warna.

Kembang merak pada umumnya lebih dikenal dan digunakasan sebagai tanaman hias untuk mempercantik halaman taman. Namun taukah anda jika sebenarnya kembang merak ini memiliki khasiat tersendiri yang dapat mengobati beberapa jenis penyakit.

Kebang Merak sejatinya memiliki nama latin Caesalpinia pulcherrima (L.) Sw. merupakan tanaman yang mulanya berasal dari dataran Amerika. Ketenaran kembang merak rupanya sudah sampai ke seluruh penjuru tanah air dengan sebutan yang berbeda-beda disetiap wilayahnya, misalnya Patra Kembala (Sunda), Perak Kegel (Madura) atau Bunga Kacang (Manado).

Manfaat Kembang Merak Bagi Kesehatan

Kembang Merak

Bunga kembang merak memiliki rasa manis, tawar, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada bunga kembang merak diantaranya tanin, gallic acid, resin, zat merah, dan beuzoic acid. Pada K daunnya terkandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksulat. Sementara pada kulit kayu terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan kalsium oksalat. Efek farmakologis yang dimiiki oleh bunga kembang merak di antaranya melancarkan sirkulasi darah dan haid, abortivum, dan emenagogum. Selain itu, kulit kayu kembang merak mempunyai efek kelat dan berfungsi sebagai peluruh haid.

Berikut beberapa Manfaat Kembang Merak Bagi Kesehatan:

1. Kejang pada anak.

Bila anak terserang kejang, gunakan 5 kuntum bunga kembang merak, 20 gram daun kembang merak, 3 jari akar dan 3 jari kulit batang yang telah dicuci lalu ditumbuh halus. Kemudikan tambahkan air garam secukupnya, balurkan dan gosokkan pada bagian leher, punggung dan kaki anak.

2. Sariawan

Untuk mengobati sariawan, dapat menggunakan 15 gram daun kembang merak direbus dengan air secukupnya hingga mendidih, lalu disaring dan airnya digunakan untuk berkumur-kumur.

3. Perut Kembung

Mengobati perut kembung,  ambil 15 gram daun kembanng merak segar, alang-alang, bawang putih secukupnya ditumbuk hingga halus, tambahkan air secukupnya, kemudian dibalurkan pada perut yang kembung.

4. Luka Memar

Bila menderita memar akibat terpukul, gunakan bunga kembang merak secukupnya, dihaluskan, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

5. Diare akut

Dengan cara : Tumbuk halus 5 g kering atau 10 g segar kulit batang kembang merak, lalu seduh dengan 100 cc air panas dan minum dua kali sehari.

6. Hepatitis

Dengan Cara : Rebus 30 g daun kembang merak dan 30 g daun serut (Streblus asper Lour.) dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring, lalu minum saat hangat dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

7. Panas

Dengan Cara : Seduh 5 g kering atau 20 g segar bunga kembang merak dengan 1 gelas air panas. Minum air seduhan saat hangat.

Tips

Untuk Wanita hamil tidak di anjurkan minum ramuan ini karena dapata menimbulkan efek negatif pada janin. sekian terimakasih 😀

 

Demikian Ulasan Tentang 131 Manfaat Kembang Merak Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga