14 Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Jun 12 2015 - 12:25am Indonews Coid

14 Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi, disebut juga hipertensi, adalah kondisi kronis dengan peningkatan tekanan darah di arteri. Meningkatnya tekanan darah di sebabkan oleh jantung yang bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Tekanan darah dapat di lakukan dengan dua pengukuran yaitu : sistolik dan diastolik, tergantung pada apakah kontraksi otot jantung atau relaksasi di antara ketukan (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100-140 mmHg dan diastolik 60-90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada di 140/90 mmHg atau lebih.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi dibagi menjadi hipertensi primer (esensial) atau hipertensi sekunder. Sekitar 90-95% kasus tergolong “hipertensi primer”, yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, sistem endokrin atau penyebab lain 5-10% kasus (hipertensi sekunder),

Berikut Adalah Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

1. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Tekanan darah meningkat karena bertambahnya berat badan. Menurunkan berat badan sekitar 4,5 kilogram dapat membantu menurunkan tekanan darah . Secara umum, semakin menurunkan berat badan, yang lebih efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi .

2. Berolahraga Secara Teratur

Setidaknya meluangkan waktu antara 30 sampai 60 menit setiap hari, itu akan menurunkan tekanan darah tinggi . Dan tidak butuh waktu lama untuk melihat perubahan itu dan melihat penurunan tekanan darah lebih satu minggu.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga dan mengatasi tekanan darah yang semakin tinggi.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan aset bagi kesehatan. Bayam dan ketumbar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Bayan dan ketumbar merupakan sumber kalium, sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Daun seledri juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

2. Susu Skim

Susu skim adalah susu bebas lemak merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Kehadiran kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika kekurangan tersebut akan berdampak pada hipertensi.

3. Tomat

Apabila dikonsumsi secara tepat, tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tomat memiliki kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nutrisi dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Bawang Putih

Bawan putih mentah dapat bekerja menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. Bawang juga merupakan obat alami untuk menahan efek buruk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

5. Gandum

Ganti sarapan dengan roti yang terbuat dari biji-bijian. Gandum adalah teman bagi penderita hipertensi. Mengkonsumsi gandum secara tepat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Kurangi Makanan Yang Terlalu Asin Dan Pedas

Makanan asin harus dihindari ketika mengalami tekanan darah tinggi. Yodium merupakan elemen yang menyebabkan peningkatan tekanan darah di arteri. Sodium adalah bahan utama garam dan sangat disaran mengkonsumsi makanan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. Makanan pedas juga bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

7. Buah-buahan

Buah-buahan segar merupakan sumber makanan menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Buah mengandung banyak mineral penting dan vitamin yang membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Kurangi Sodium Dalam Makanan

Penurunan kecil di natrium dalam diet dapat menurunkan tekanan darah 2 sampai 8 mm Hg. Batasi natrium untuk 2.300 miligram (mg) per hari atau kurang.

5. Batasi jumlah Alkohol Yang Dikonsumsi

Alkohol bisa baik dan buruk bagi kesehatan . Dalam jumlah kecil, berpotensi dapat menurunkan tekanan darah tinggi antara 2 sampai 4 mm Hg.

6. Hindari Tembakau Dan Asap Rokok

Menghirup asap juga menempatkan pada risiko masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

7. Kurangi Asupan Kafein

Peran kafein dalam peningkatan tekanan darah masih diperdebatkan. Untuk melihat apakah kafein meningkatkan tekanan darah , periksa tekanan dalam waktu 30 menit setelag minum secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya. Jika tekanan darah meningkat lima sampai 10 poin, mungkin sensitif terhadap kafein sehingga meningkatkan tekanan darah .

Demikian Pembahasan Tentang 14 Cara Alami Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga