14 Cara Dahsyat Mengatasi Osteoporosis Secara Alami

Apr 17 2015 - 2:22pm Indonews Coid

14 Cara Dahsyat Mengatasi Osteoporosis Secara Alami – Osteoporosis adalah penyakit tulang yang memiliki sifat khas seperti massa tulang yang rendah, dengan mikro-arsitektur tulang dan jaringan tulang degradasi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerapuhan tulang. Osteoporosis primer sering menyerang wanita menopause dan juga pada pria yang lebih tua dengan penyebab yang tidak diketahui.

Penyakit Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis

Untuk itu cegah penyakit osteo porosis sebelum terlanjur terjangkit penyakit ini dan simak berikut adalah cara mengatasi Penyakit Osteoporosis dengan cara yang alami.

1. Kontrol berat badan

Untuk mengatasi osteoporis usahakan selalu menjaga berat badan dalam kondisi yang ideal. Karena obesitas merupakan partner dari penyakit osteoporosis. Untuk itu kita harus selalu mengontor dan mempertahankan berat badan dalam kondisi yang tetap stabil.

2. Mengonsumsi kalsium

Kuranganya asupan kalsium dalam kehidupan sehari-hari dapat menyababkan terjadinya penyakit osteoporosis, untuk itu lengkapi asupan kalsium dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dll.

3. Jangan abaikan nyeri tubuh

Nyeri sendi ternyata dapat menjadi pemicu timbulnya osteoporosis. Jadi segera konsultasikan dengan dokter untuk melakukan cek dan segera mencari solusinya.

4. Jangan melakukan diet ketat

Diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda. Jangan melakukan diet semacam ini karena akan membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting seperti kalsium.

5. Olahraga Secara Rutin Dan teratur

Aktivitas kebugaran ini merupakan salah satu kunci menjaga tulang tetap kuat. Pastikan melakukannya setidaknya 30 menit sehari. Pilih jenis olahraga yang memiliki efek membuat tulang tarik-menarik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Yang bisa menjadi pilihan di antaranya yoga, lari, atau latihan kekuatan otot.

6. Mengonsumsi suplemen berkalsium setelah menopause

Segera setelah Anda mengalami menopause, hormon estrogen yang melindungi tulang Anda akan berkurang sebagian besar. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi suplemen berkalsium segera setelah Anda berhenti menstruasi.

7. Berjemur di bawah sinar matahari

Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak dapat memproses kalsium. Dan Vitamin D diproduksi di dalam tubuh ketika Anda mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat.

8. Paparan sinar matahari

Di bawah kulit kita ada vitamin D. Saat terpapar cahaya matahari, vitamin itu akan aktif dan berubah menjadi vitamin D3. Bentuk aktif vitamin tersebutlah yang berguna mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang.

Tak butuh waktu lama untuk mengaktifkan vitamin D3 dalam tubuh. Cukup berjemur selama 10 menit sebelum pukul 09.00 pagi dan sesudah pukul 15.00 sore. Kecukupan kalsium dan vitamin D sejak muda menjadi hal penting yang harus diperhatikan jika ingin terhindar dari osteoporosis.

9. Minum susu

Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik yang berperan mencegah tulang keropos. Biasakan rutin mengonsumsi susu atau makanan mengandung kalsium lainnya seperti kacang almond, sarden, salmon, sereal, jus jeruk, dan sayuran hijau.

10. Hindari alkohol dan soda

Mengkonsumsi alkohol atau soda secara berlebihan juga meningkatkan risiko terjangkit penyakit osteoporosis. untuk itu kurangi atau lebih baik stop mengkonsumsi alkohol.

11. Vitamin D

Vitamin D berguna untuk menstimulasi penyerapan kalsium. Adapun sinar matahari dapat membantu mengoptimalkan kinerja vitamin D dalam tubuh Anda. Oleh karena itu berjemur di pagi hari merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi osteoporosis.

12. Hindari rokok, kopi dan alkohol

Untuk mengatasi osteoporosis berarti Anda harus menghindari kopi, rokok, dan alkohol karena akan berdampak negatif bagi kesehatan tulang Anda.

13. Hindari shoft drink

Minuman (Soft drink) yang bersoda adalah salah satu faktor yang berkontribusi besar dalam pengeroposan tulang. Asam yang terkandung dalam soda soft drink bisa menghilangkan lapisan enamel gigi serta menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.

14. Teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau dapat mengatasi osteoporosis. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American College of Nutrition mengatakan bahwa perempuan berusia 70 hingga 85 tahun yang megkonsumsi teh hijau secara rutin memiliki kepadatan tulang pinggul yang lebih banyak dibandingkan perempuan yang tidak meminum teh hijau.

Demikian Pembahasan Tentang  14 Cara Dahsyat Mengatasi Osteoporosis Secara Alami Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga