14 Manfat Menakjubkan Dari Jamur Tiram Bagi Kesehatan

May 3 2015 - 12:38am Indonews Coid

14 Manfat Menakjubkan Dari Jamur Tiram Bagi Kesehatan – Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur merang dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum dari tubuh buah berwarna putih untuk krim dan kerang hood tiram mirip setengah lingkaran dengan tengah sedikit cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal sebagai Raja Jamur Tiram.

Manfaat Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram

Dilihat dari nutrisi yang terkandung dalam jamur tiram maka bahan ini, termasuk aman untuk dikonsumsi.Adanya serat lignoselulosa yang baik untuk pencernaan. USDA (United States Drugs dan Administrasi) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol serum hingga 40% dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram. Jadi mereka menemukan jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterolemia. Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.

Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Efek Antioksidan

Di dalam jamur tiram terdapat kandungan ergothioneine, antioksidan yang unik hanya diproduksi oleh jamur ini. Studi yang dilakukan oleh Joy Dubost menemukan bahwa jamur tiram memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang tidak menderita kolesterol. jamur tiram juga mampu mencegah kolesterol tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai memperhatikan gizi jamur tiram sebagai diproses keluarga Anda sehat.

Efek anti-bakteri

Jamur tiram juga mempunyai sifat antibakteri, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 1997. Studi ini menemukan bahwa senyawa benzaldehida aktif dapat mengurangi infeksi bakteri di dalam tubuh.

Nilai Gizi

Selain rendah kalori, tinggi gizi jamur tiram juga. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Chemistry, jamur tiram mengandung kadar tinggi seng, besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, asam folat, niasin, dan vitamin B-1 dan B-2. Studi ini menyimpulkan bahwa makan jamur tiram sebagai bagian dari diet yang sehat dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Antibakterial dan antitumor

Isi yang terkandung dalam jamur tiram adalah protein nabati. kalsium. asam amino, Valun. vitamin C dan masih banyak lagi. Zat yang membawa manfaat jamur tiram untuk menghindari penyakit berbahaya. Bisa mengolah jamur tiram dengan menu olahan sesuai selera. Dengan catatan. Tahu bagaimana memasak. agar tidak menjadi racun dalam tubuh.

Penghasil enzim

Jamur tiram memiliki fungsi sebagai penghasil enzim dan oksidasi enzim hidrolisis dalam tubuh, maka akan diambil sangat baik karena mamberikan pengaruh yang baik pada proses pembentukan energi tubuh. Tidak hanya ketika Anda sedang melakukan kegiatan intensif, tetapi juga ketika Anda sedang beristirahat.

Membunuh nematoda

Nematoda merupakan jenis cacing yang bisa masuk ke dalam usus dankerusakan pencernaan sistem manusia. Untuk itu sebagai penangkal adalah untuk makan jamur tiram. karena jamur tiram dipercaya mampu membunuh nematoda yang hidup liar di usus manusia.

Mengurangi resiko jantung lemah

Mulai dari lemah untuk penyakit jantung koroner dapat terjadi. Untuk itu jamur tiram bisa menjadi kejadian jera dari lemah jantung. Karena kandungan nutrisi dalam jamur tiram mampu menormalkan atau menstabilkan tekanan darah dan curah jantung.

Mengatasi penyakit liver

Penyakit hati sering disebabkan karena tidak berfungsinya hati sebagai penangkal. sedangkan jamur tiram yang berfungsi sebagai antibakteri dan antitumor bisa menjadi penangkal dalam tubuh. Oleh karena itu, jamur tiram dikonsumsi oleh Anda dalam berbagai kelompok umur. tentu saja dengan syarat bahwa Anda tidak memiliki jenis penyakit yang melarang Anda untuk tidak mengkonsumsi jamur tiram.

Manfaat Lain Dari Jamur Tiram

  • Penghasil enzim hidrolisis dan enzim oksidasi.
  • Mengurangi Resiko jantung lemah.
  • Membantu menyenbuhkan diabetes.
  • Menghilangkan anemia.
  • Membantu Sistem pencernaan.

 

Demikian Pembahasan Tentang 14 Manfat Menakjubkan Dari Jamur Tiram Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga