15 Alasan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

Mar 20 2015 - 11:42pm Indonews Coid

15 Alasan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan – Anggur adalah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga vitaceae. buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dikonsumsi setiaphari.

Buah ini juga dikenal mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang mempunyai peran aktif dalam banyak sekali metabolisme tubuh, serta bisa mencegah terbentuknya sel kanker dan banyak sekali penyakit lainnya.

Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang bisa menangkal Zat jahat atau radikal bebas.

Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur

Berikut Adalah Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan :

1. Buah Anggur Untuk Mencegah penyakit jantung

Di dalam Buah anggur dipenuhi oleh polifenol  dan flavonoid seperti quercetin yang berfungsi mencegah penyakit jantung, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Buah Anggur juga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan yang dapat memicu serangan jantung.

2. Buah Anggur Untuk Menurunkan berat badan

Buah anggur juga mampu menjadi sahabat bagi orang yang sedang menjalani program diet. Sekitar 100 gram anggur hanya mengandung 67 kalori. Selain itu, karena anggur banyak mengandung air dan serat, buah ini akan membantu Anda merasa lebih cepat kenyang dan mencegah rasa lapar.

3. Buah Anggur Untuk Mencegah kanker

Anti Oksidan dalam buah anggur, serta zat anti peradangan baik untuk mencegah terjadinya sel kanker. Antioksidan seperti myricetin dan quercetin mencegah sel kangker.

4. Buah Anggur Untuk Kesehatan mata

Buah Anggur memiliki antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah penyakit mata akibat usia.

5. Buah Anggur Untuk Mencegah konstipasi

Buah anggur telah direkomendasikan bagi yang mengalami konstipasi. Tidak hanya dipenuhi akan serat, anggur bisa membantu pergerakan usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memicu produksi enzim pencernaan.

6. Buah Anggur Baik untuk pasien diabetes

Anggur adalah salah satu buah yang aman untuk pasien diabetes. Anggur memiliki rasa yang manis, namun dengan tingkat glikemik yang rendah. Berdasarkan penelitian pada Journal of NUtrition, anggur bahkan bisa membantu fungsi tubuh memproduksi insulin.

7. Buah Anggur Untuk  Meningkatkan ingatan

Peran anggur dalam proses pembentukan ingatan telah diakui oleh peneliti melalui penelitian. Zat dalam anggur diketahui dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan kognitif seseorang.

8. Buah Anggur Untuk  Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah anggur dapat mencegah peradangan dan meningkatkan proses kerja sistem imun serta membantu kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi.

9. Buah Anggur Untuk  Melindungi mata dari penyakit katarak

Flavonoid dalam buah anggur berperan dalam menjaga mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antara lain penyebab katarak.

10. Buah Anggur Untuk  Mencegah kanker payudara dan migrain

Kebiasaan mengkonsumsi jus anggur dapat menurunkan resiko tubuh dari terjangkit kanker payudara. Konsumsi jus anggur murni tanpa campuran air juga bermanfaat untuk mengobati migrain.

11. Buah Anggur Untuk  Menghilangkan gangguan pencernaan dan ginjal

Mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal. Sehingga kesehatan ginjal dapat terjaga.

12. Buah Anggur  Baik untuk penderita asma

Dalam buah anggur terdapat kekuatan assimiratory yang membantu meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Jadi mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk penderita gangguan pernapasan atau asma.

13. Buah Anggur Untuk  Mengontrol tingkat kolesterol darah

Kandungan Pterostilbene dalm buah anggur adalah senyawa yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol darah, Selain itu, Saponin yg ada dalam kulit anggur berperan dalam penyerapan kolesterol darah.

14. Buah Anggur Untuk  Mengobati susah buang air besar

Di dalam buagh anggur terdapat kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pencahar, jadi mengkonsumsi buah anggur dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit.

15. Buah Anggur Untuk Melindungi tubuh dari infeksi

Kandungan Antivirus dan antibakteri dalam buah anggur dapat memberikan perlindungan tubuh dari infeksi. Karena manfaat yang dimiliki, buah anggur dapat disebut sebagai tanaman obat.

Demikian Ulasan Tentang 15 Alasan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga