15 Manfaat Dan Khasiat Buah Blackberry Bagi Kesehatan

Jul 13 2015 - 2:49am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Blackberry merupakan buah yang dapat dimakan yang dihasilkan oleh beberapa spesies dalam genus Rubus suku Rosaceae. Buah ini tidak benar-benar berry, botanikal itu adalah buah yang disebut agregat, yang terdiri dari drupelet kecil.

Buah Blackberry

Buah Blackberry

Tanaman biasanya berusia dua tahunan dan abadi akar tongkat. Blackberry dan raspberry juga disebut caneberries atau semak berduri. Ini adalah kelompok besar, dan dikenal lebih dari 375 spesies, banyak yang terkait erat dengan mikrospesies apomiktis asli di belahan bumi utara beriklim sedang dan Amerika Selatan.

1. Memperkuat ketahanan

Blackberry merupakan makanan kaya vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan buah blueberry. Menurut Ursula Arens, ahli nutrisi senior dari Inggris, vitamin C memiliki peran sangat penting dalam tubuh.

2. Pencernaan Kesehatan

Menurut Arens, blackberry adalah salah satu buah yang sangat tinggi serat dibandingkan dengan buah lainnya. Serat sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik dan membantu menjaga berat badan tetap stabil, serta dapat meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan kolesterol.

3. Menyembuhkan luka

Blackberry juga kaya tannin yang berfungsi untuk menyembuhkan luka. Menurut Sarah Wilson, pakar gizi dari Rumah Sakit Rahmat Putri, London, menggosok buah pada kulit yang terluka akan mengencangkan jaringan yang membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan.

4. Membantu untuk melawan sel-sel kanker

Blackberry mengandung anthocyanin atau sekelompok pigmen, Beberapa anthocyanin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu, raspberry hitam juga mengandung senyawa kimia C3G, atau biasa dikenal dengan sebutan flavonoid, yang teruji efektif melawan kanker kulit dan kanker paru-paru.

5. Melindungi mata

Blackberry mengandung lutein yang melindungi mata dari pembentukan pigmen rasional, yang merupakan daerah yang paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Lutein membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

6. Pembentukan Tulang

Seperti diketahui, sumber mangan mineral adalah yang paling baik. Mangan dapat berperan membentuk jaringan ikat tubuh, dan juga untuk proses pembentukan struktur tulang yang kuat.

7. Meningkatkan Pertumbuhan sel

Blackberry mengandung folat, atau biasa dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat, yang berfungsi dalam pembelahan sel yang sehat dan pertumbuhan. Wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah untuk mengurangi risiko cacat lahir.

8. Mencegah kanker serviks

Selain membantu mencegah pertumbuhan tumor dan kanker kulit dan paru-paru, buah blackberry juga memiliki phytoestrogen senyawa yang merupakan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dari kanker serviks dan payudara.

9. Kulit Sehat

Dengan ramuan yang terbuat dari blackberry akan membantu kulit terlihat sehat dan menghindari keriput. Berikut caranya:

  • Siapkan blackberry satu genggang, yoghurt, dan madu sebanyak satu sendok makan
  • Masukkan semua bahan jadi satu ke blender dan haluskan sampai tercampur rata
  • Bahan sudah di mix sebelum
  • Kemudian oleskan ke kulit wajah dan leher
  • Diamkan selama sekitar 15 menit kemudian cuci
  • Dapat menggunakan di daerah lain kulit tubuh, tetapi tentu perlu menambah komposisi bahan yang dibutuhkan untuk menjadi lebih banyak.
  • Lakukan perawatan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Mengurangi resiko anemia

Vitamin C dalam buah blackberry akan membuat mengurangi risiko anemia. Vitamin C seperti yang kita tahu dapat meningkatkan manfaat penyerapan zat besi yang terkandung dalam makanan ke dalam perut. Iron konten dalam darah terpenuhi akan mengurangi risiko anemia.

11. Mencegah penyakit jantung

Kolesterol jahat yang menumpuk akan membuat risiko lebih besar terkena penyakit jantung. Konsumsi buah Blackberry, membantu membuang kolesterol tubuh tidak diperlukan sehingga membuat jantung sehat.

12. Mengurangi resiko diabetes

Selain kaya serat, buah blackberry juga mengandung antioksidan yang juga membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Sifat antioksidan membantu tubuh untuk menghindari risiko diabetes darurat.

13. Kurangi Hipertensi

Arens dari ahli gizi Inggris mengatakan bahwa manfaat buah blackberry lainnya adalah untuk mengurangi tekanan darah. Kondisi akan dibutuhkan untuk pengidap penyakit hipertensi. Konten antioksidan dan serat yang tinggi membuat tekanan darah menjadi lebih lancar dan mengusir kolesterol jahat yang menghambat sirkulasi darah.

14. Memperlancar BAB

Kandungan serat yang sangat tinggi dari buah ini sangat membantu mempercepat proses Bab kita setiap hari. Tinggi serat ditemukan dalam buah-buahan salah satunya adalah buah blackberry.

15. Vitamin K

Blackberry mengandung konten 36% vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan memperkuat tulang. Mendapatkan asupan vitamin K dalam jumlah yang cukup untuk membantu ibu hamil dari mual dan muntah.

sumber : health.kompas.com & manfaat.co.id

Simak Isi Link Di Bawah Ini Untuk Materi Kesahatan Dan Kecantikan Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang 15 Manfaat Dan Khasiat Buah Blackberry Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga