16 Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan Manusia

Jun 8 2015 - 1:23am Indonews Coid

16 Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan Manusia – Nasi adalah beras yang telah direbus (di masak). Proses perebusan beras dikenal sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lembut tapi masih mempertahankan konsistensi. Membuat nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna beras yang telah dimasak (tanak) berbeda-beda tergantung pada jenis beras yang digunakan. Secara umum, warna beras putih ketika digunakan nasi putih. Beras merah atau beras ketan hitam akan menghasilkan warna yang sama dengan warna beras.

Manfaat Nasi Putih

Manfaat Nasi Putih

Kandungan amilosa rendah di pati beras akan menghasilkan beras cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang mengandung sedikit pati amilosa dan amilopektin hampir seluruhnya, memiliki sifat seperti itu.

Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung sekitar 12-15% kandungan amilosa sehingga beras adalah lengket dari beras yang dikonsumsi di Asia Tropika, kandungan amilosa sekitar 20%. Secara umum, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi ‘pera’ tidak lengket, keras, dan mudah lepas.

Beras dimakan oleh sebagian besar orang di Asia sebagai sumber utama karbohidrat dalam menu sehari-hari. Beras sebagai makanan pokok biasanya disajikan dengan lauk untuk rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang.

Beras dapat di fungsikan lagi sebagai bahan makanan lainnya menjadi masakan baru, seperti nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Beras bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.

Berikut Adalah Manfaat Nasi Putih

1. Meningkatkan Suasana Hati Yang Baik

  • Serotonin adalah senyawa yang menyebabkan perasaan senang di otak, kandungan karbohidrat mungkin mendongkraknya.
  • Hal ini juga ditunjukkan dalam studi, seseorang yang diet setiap hari dengan konsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kecemasan.

2. Mencegah Kanker

Nasi mengandung banyak serat larut yang akan mengurangi risiko kanker sel terjadi di dalam tubuh. Banyak penelitian telah di lakukan dan terbukti di dalamnya bahwa serat  di dalamnya memperkecil terjadinya penyakit kangker.

3. Padi Non Kolesterol

Nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali atau natrium. Oleh karena itu, tentu beras juga baik untuk dimasukkan dalam diet seimbang.

4. Kaya Vitamin

Nasi yang mengandung banyak vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, tiamin, dan riboflavin.

5. Mengobati Disentri

  • Manfaat nasi dalam sekam, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi berusia tiga bulan mengandung sifat diuretik.
  • Bahkan orang-orang Cina percaya bahwa beras diperkirakan untuk meningkatkan nafsu makan, sakit perut dan menyembuhkan masalah pencernaan.

6. Membuat Tingkat Gula Menjadi Stabil

Makan nasi putih secara seimbang akan membuat kadar gula dalam tubuh akan tetap stabil dan sangat pas bagi penderita diabetes.

7. Mencegah Sembelit

Nasi putih jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sembelit, karena kandungan serat yang rendah yang ada di nasi putih. Selain itu, terlalu banyak nasi putih juga akan menyebabkan buang air besar tidak akan normal.

8. Membantu Program Diet

Tentu saja karbohidrat tinggi dalam sepiring nasi putih akan mengganggu program diet yang sedang dilakukan. Karena menurut ahli gizi, nasi putih akan lebih mudah untuk membuat Anda menambah berat badan dengan cepat.

9. Nutrisi Tubuh Akan terpenuhi

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat, tetapi nutrisi yang dikandungnya sangat rendah. Akibatnya, jika terlalu berlebihan, dapat menyebabkan kekurangan gizi bagi tubuh. Nutrisi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi banyak vitamin dari buah-buahan atau sayuran.

Manfaat Lain Dari Nasi Putih

  • Pati tinggi. Tingkat kadar pati beras putih sangat tinggi, dan ini dapat membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh.
  • Menghindari alergi. Banyak orang yang memiliki alergi terhadap nasi putih, dan sebagai pengganti dapat mengganti nasi putih menjadi nasi merah.
  • Kelaparan. Perut tidak akan merasa kenyang ketika makan makanan kecil, sehingga banyak orang lebih cenderung untuk menambahkan jika kurang lengkap. Isi dari Nasi Putih 1 piring mengandung 242 Kalori.
  • Gizi Nasi Putih banyak mengandung karbohidrat,  Nasi putih menjadi salah satu sumber utama energi yang cepat karena mudah diserap oleh tubuh, nasi putih tidak memiliki banyak serat coklat dan beras merah. Oleh karena itu, nasi putih adalah makanan yang kurang cocok untuk mereka yang menderita diabetes.
  • Karena nasi putih mudah dicerna dengan cepat dan dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Jika Anda penderita diabetes, maka kadar gula darah Anda akan meningkat cepat ketika makan nasi putih.
  • Dalam 100 gram beras putih mentah mengandung sekitar 80 gram karbohidrat, namun dalam 100 gram nasi putih hanya mengandung sekitar 28 gram karbohidrat karena peningkatan berat badan dalam ukuran dengan air selama proses memasak.
  • Untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk energi, fungsi dan pemeliharaan organ, dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 gram karbohidrat per kg berat badan, tetapi jika Anda memiliki kegiatan olahraga yang tinggi dalam seminggu dan ingin menambah berat badan atau massa otot, maka kebutuhan karbohidrat bisa meningkat menjadi 3- 4 gram per kg berat badan tergantung pada berapa ribu Anda kkal per hari diet.

Demikian Pembahasan Tentang 16 Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan Manusia Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga