19 Cara Mudah Dan Alami Menurunkan Kolesterol

Apr 11 2015 - 1:25am Indonews Coid

19 Cara Mudah Dan Alami Menurunkan Kolesterol – Kolesterol adalah lemak yang mengandung metabolit sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Suatu jenis lipid atau lemak molekul seperti itu. Kolesterol adalah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroid adalah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri dari empat cincin atom karbon.

Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

Steroid lainnya, termasuk hormon steroid seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Bahkan, semua hormon steroid terbuat dari perubahan kimia dalam struktur dasar kolesterol. Saat hendak membuat molekul konversi molekul lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis. Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi. Kolesterol dapat dibuat secara sintetis. Kolesterol sintetis saat ini diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.

Untuk itu jangan biarkan kolesterol terus melonjak tinggi, Simak berikut cara mudah dan alami menurunkan kolesterol.

Berikut Adalah 19 Cara Mudah Dan Alami Menurunkan Kolesterol

1. Turunkan bera badan

Obesitas merupakan penyebab kolesterol tinggi, oleh karena itu, mengurangi berat badan sangat baik untuk Anda. Karena akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Olahraga

Meskipun cuma 5 menit tapi sangat besar manfaatnya. Untuk itu solusi paling baik menurunkan kolesterol adalah dengan berolahraga.

3. Makanan sehat

Makanan yang mengandung omega-3, seperti salmon, tuna dll. juga dapat menurunkan kolesterol, Terlebih di dikung dengan sayur hijau.

4. Jauhkan lemak jahat

Makanan instan dan gorengan, adalah pantangan bagi Anda jika ingin menghindarikolesterol jahat. Karena di sana lah kolesterol banyak menumpuk. Seperti kentang goreng, burger, atau makanan cepat saji lainnya.

5. Gunakan minyak yang sehat

Untuk menggoreng, gunakan minyak nabati seperti minyak zaitun dan kanola. Jika Anda mampu, jangan gunakan minyak sawit, butter, dan margarin dalam masakan yang hendak dihidangkan. Lebih baik lagi banyak memakan makanan yang direbus atau disayur.

7. Berhenti merokok

Inilah kebiasaan yang banyak dilakukan masyarakat saat ini. Merokok bisa menyumbat aliran darah, yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah itu sendiri.

8. Batasi konsumsi daging merah

Kurangi konsumsinya ketika Anda sudah mengidap kolesterol tinggi. Sebab daging merah sangat tinggi akan kolesterol, lemak, dan kalori. Selain itu perhatikan pula cara pengolahannya. Hindari membakar atau menggoreng daging dengan banyak lemak.

9. Masak dengan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (kolesterol baik) Anda. Disarankan Anda mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari.

10. Perbanyak konsumsi omega 3

Asam lemak omega 3 meningkatkan kolesterol HDL. Ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond adalah beberapa sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi.

11. Konsumsi bawang putih

Mengonsumsi bawang putih menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi.

12. Minum teh hitam

Teh hitam merupakan jenis teh herbal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda disarankan untuk minum satu cangkir teh hitam setiap hari.

13. Teh Hijau

Tak dipungkiri lagi, minuman super yang satu ini memang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Tapi jangan juga Anda meminumnya berlebihan. Minumlah paling banyak 2 atau 3 kali dalam sehari.

14. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan utama dari makanan India dan banyak masakan lain di dunia. Bahan ini membantu Anda dalam menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah Anda.

15. Bawang dan madu

Tips cepat untuk menurunkan tekanan darah adalah mengambil satu sendok makan jus bawang dan tambahkan dua sendok makan madu. Minum ramuan ini setiap hari.

16. Daun kari

Daun kari merupakan bahan alami untuk melawan berbagai penyakit. Dalam sebuah wadah, tambahkan air minum dan 4-5 lembar daun kari, dinginkan dan gunakan sebagai minuman sehari-hari.

17. Wortel

Campurkan wortel dan bayam menjadi jus. Minum jus tersebut dua kali dalam sehari untuk menurunkan tekanan darah.

18.  Akar bit

Jus sayuran ini merupakan cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah. Minum jus ini dua kali dalam sehari.

19. Kurangi Stres Berlebihan

Kurangi tingkat stres Anda dengan latihan relaksasi, meditasi, atau biofeedback. Fokus pada pernapasan Anda dan ambil napas yang dalam dan menyegarkan. Ini adalah cara pengurang stres sederhana yang dapat dilakukan di mana saja.

Demikian Pembahasan Tentang  19 Cara Mudah Dan Alami Menurunkan Kolesterol Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga