200 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Feb 11 2015 - 8:20pm admin indonews3

200 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan – Cengkih atau dalam bahasa latin “Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum”  merupakan pohon yang asli dari Tanah Air. Salah satu dari kegunaan cengkeh adalah sebagai bumbu makanan, tak hanya itu bagi para orang dahulu cengkih dijadikan salah satu bahan untuk teman santai dalam merokok, ya cengkih dan mbako pada umumnya.

Di Eropa tumbuhan yang satu ini sudah terkenal bahkan hampir diseluruh dunia. Dan kini perusahaan-perusahaan rokok juga turut menggunakan cengkeh sebagai bahan campuran rokok berjenis kretek.

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Cengkeh

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City; Neil Schachter, MD: Cengkeh terbukti memiliki sistem kerja sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokan. Teh yang mengandung cengkeh dapat membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan.

Tak hanya itu Cornelia Zicu (staf Elizabeth Arden Red Door Spas) yang juga turut meneliti kandungan dari cengkeh menemukan kandungan senyawa Euganol (dikenal sebagai antiseptik alami untuk menyeimbangkan kulit) yang dikandung cengkeh dapat dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Berikut beberapa manfaat cengkeh bagi kesehatan:

1. Antibakteri dan Anti Jamur

Cengkeh secara alami dan efektik melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut dan kuman dari mulut. Cengkeh juga mengandung eugenol yang mempunyai sifat antijamur dan efektif dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

2. Analgesik

Minyak cengkeh sudah terbukti mampu untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah membuktikan minyak cengkah mampu sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

3. Perangsang Seksual

Secara tradisional cengkeh diangga memiliki sifat afrodisiak untuk menaikkan sahwat.Sebuah penelitian anggapan tersebut dan hasilnya memang terkbukti mempunyai sifat seperti itu. Sebuah eksperimen juga mengatakan cengkeh mampu mengatasi ejakulasi dini.

4. Ramah di Perut

Cengkeh juga merupakan makanan yang terbaik untuk perut anda. Cengkeh tidak hanya membantu melawan kembung dan borok tetapi juga dapat efektif mengatasi mual dan gangguan pencernaan.

5. Baik Untuk Jantung

Secara ‘ajaib’ eugnol yang dimiliki cengkeh dapat mencegah pembekuan darah dan dapat membantu mencegah stroke. Penelitian masih dilakukan dan belum ada pernyataan yang memastikan.

6. Melawan Kanker

Walaupun banyak yang menentang mengenai khasiat cengkeh melawan kanker, namun penelitian telah membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker terutama pada kulit, paru-paru dan saluran pencernaan.

7. Mencegah Inflamasi (Radang)

Flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengleh. Hal ini sangat baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi pasien rematik. Cengkeh juga dapat digunakan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.

8. Pengusir Nyamuk

Banyak yang tidak mengetahui jika cengkeh mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. Sangat baik untuk digunakan di tempat-tempat penyebab malaria, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang ditularkan nyamuk.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cengkeh juga diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat membantu Anda dalam melawan berbagai penyakit tingkat reguler hingga mematikan.

10. Membantu Mengobati Sakit Gigi

Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

11. Mencegah Peradangan

Zat aktif seperti flavanoid ditemui pada minyak asli cengkeh. Flavanoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga akan mengurangi peradangan pada penyakit rematik misalnya. Rasanya yang hangat juga bisa menjadi ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan.

12. Meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan, sehingga mereka membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Namun pengunaannya harus diperhatikan karena mereka memiliki zat yang cukup kuat sehingga dapat mengiritasi lambung.

13. Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik jika di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.

14. Mengatasi Sinusitis

Ada berbagai penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.

Demikian Ulasan Tentang 200 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀 Terimakasih

Baca Juga