200 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Jan 29 2015 - 2:27am admin indonews2

200 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh – Mungkin dari anda semua telah mengenal buah pepaya. Salah satu buah yang kadang memiliki rasa manis dan kadang sedikit pahit jika kurang matang ini, ternyata menyimpan cukup banyak manfaat untuk kita. Buah pepaya sendiri sering digunakan untuk bahan makanan seperti rujak, jus, ataupun yang lainnya.

Buah pepaya sendiri tumbuh cukup subur di Indonesia. Pasalnya dengan iklim tropis, buah pepaya mudah tumbuh di hampir semua kawasan. Selain itu, buah pepaya juga sering dijumpai di berbagai musim, seperti musim kemarau ataupun musim hujan. Namun tahukah anda, bahwa tidak hanya buah pepaya saja yang dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Daun pepaya ternyata juga menyimpan cukup banyak manfaat yang bisa kita manfaatkan.

manfaat daun pepaya

http://www.indonews.co.id/ Jika anda menginginkan memasak daging dengan lebih lunak agar lebih enak di makan anda dapat menggunakan daun pepaya. Karena daun pepaya dapat membuat daging masakan kita menjadi lebih empuk, dan lebih lezat. Caranya, hancurkan daun papaya yang masih basah dan campurkan ke dalam daging yang telah di iris. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah jumlah daun pepayanya karena jika terlalu banyak akan mengakibatkan daging menjadi pahit.

Berikut Adalah Manfaat Daun Pepaya :

1. Daun Pepaya Sebagai Obat Jerawat

Daun pepaya juga dapat di gunakan untuk mengatasi jerawat. Biasanya orang-orang akan menghilangkan masalah ini hanya dengan membeli obat penghilang jerawat. Entah itu krim, jel atau bahkan sabun. Tapi biasanya cara ini justru tidak berguna. Bahkan terkadang bahkan terlalu sering produk-produk ini akan membuat jerawat tumbuh semena-mena.

Untuk orang dewasa yang memiliki banyak uang pasti hanya cukup dengan mengeluarkan uang untuk operasi jerawat. Tapi bagaimana dengan para remaja yang tak punya uang tapi banyak jerawat pada wajahnya? Jangan khawatir jangan cemas. Pohon pepaya akan menyelamatkan kita dari serangan jerawat yang merajalela.

Kalau daging pepaya bisa membuat wajah berseri. Beda lagi dengan daun pepaya. Selain lezat untuk lalapan, tentu saja daun ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dari wajah anda. Ambil beberapa daun pepaya kemudian jemur hingga mengering. Setelah itu tumbuk daun pepaya yang sudah kering hingga menjadi serbuk. Beri sedikit air agar saat daun diperas bisa menghasilkan air. Oles perasan daun pepaya pada wajah. Lakukan secara rutin hingga akhirnya wajah anda terbebas dari jerawat.

2. Daun Pepaya Untuk obat demam berdarah

Gunakan 5 lembar daun pepaya segar kemudian campur dengan temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

3. Daun Pepaya Untuk obat anti kanker

Kita bisa mendapatkan manfaat dari getah putih atau yang dalam bahasa latin disebut white milky latex. Getah putih yang ada dalam daun pepaya dan dapat dikembangkan sebagai antikanker.

4. Daun Pepaya Untuk melancarkan sistem pencernaan

Daun pepaya mengandung zat karpin, yaitu zat yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang sering mengganggu sistem pencernaan. Kita dapat memanfaatkan daun pepaya secara di rebus dan di makan untuk melancarkan saluran pencernaan.

5. Daun Pepaya Untuk menambah nafsu makan

Gunakan daun pepaya segar. Kemudian siapkan juga sedikit garam, dan air hangat 1/2 gelas atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Campurkan semua bahan jadi satu lalu blender. Saring, kemudian minum airnya.

6. Daun Pepaya Untuk Sebagai pengontrol tekanan darah

Gunakan 5 helai daun pepaya segar, rebus dengan 1/2 liter air hingga tersisa 3/4. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tarmbahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

7. Daun Pepaya Untuk obat anti nyeri haid

Gunakan 1 helai daun pepaya pepaya segar. Siapkan asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga medidih. Tunggu hingga dingin kemudian minum.

8. Daun Pepaya Untuk melancarkan ASI

Daun pepaya juga bisa dipakai sebagai sayuran untuk melancarkan ASI. Herba pelancar ASI seperti daun pepaya efektif jika dikonsumsi pada awal masa menyusui.

9. Daun Pepaya Untuk membuat daging menjadi lebih empuk

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat Melunakan daging. Cara penggunaanya yaitu remas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging sebelum di masak kira-kitra selama 1 jam.

10. Daun Pepaya Untuk memperkuat tulang dan gigi

Daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan kekuatan tulang dan gigi baik dengancara di konsumsi sebagai sayuran dan juga sebagai lalapan.

11. Daun Pepaya Untuk Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Daun pepaya terdapat kandungan didalamnya lebih dari 50 zat aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. daun pepaya seringa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin.

12. Daun Pepaya Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat lain daun pepaya adalah mampu untuk melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Demikian Ulasan Tentang 1200 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga