201 Manfaat Beluntas Bagi Kesehatan Hidup Manusia

Jan 24 2015 - 1:06am admin indonews3

201 Manfaat Beluntas Bagi Kesehatan Hidup Manusia – Daun beluntas, bagi yang suka dengan lalapan pasti tak asing dengan daun yang satu ini. Ya Selain daun kemangi ternyata daun beluntas juga termasuk kedalam dedaunan lalapan. Aromanya yang khas membuat daun ini juga nikat disantap.

http://www.indonews.co.id/ – Tanaman yang pada umumnya tumbuh dipagar-pagar atau dikebun ini dipercaya mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap dari tubuh kita. Hal ini juga pernah saya lakukan saat daun beluntas masih mudah dijumpai. Sayangnya kini tanaman yang satu ini semakin sulit dijumpai, pasalnya bentuk tanaman yang menyerupai tanaman liar ini yang diduga sebagai penyebab utama hilangnya beluntas.

Manfaat Beluntas Bagi Kesehatan

Daun Beluntas

Mengenai khasiat, daun beluntas sudah terkenal sejak dahulu dan digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Mereka percaya jika daun beluntas memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Penelitian yang diadakan oleh Paini Sri Widyawati (tahun 2005) adalah mencoba meneliti aktivitas antioksidan dari daun beluntas. Proses ekstrak Daun beluntas menggunakan etanol dengan metode soxhlet dan air pada metode hidrodistilasi.

Tahap Berikutnya masing-masing ekstrak, dari metode soxhlet maupun hidrodistilasi telah di lakukan uji kemampuan radical scavenging activity DPPH (2,2-diphenil-1- picrylhydrazil radical), yaitu antioksidan dalam ekstrak dan minyak atsiri daun beluntas akan bereaksi DPPH dan mengubahnya menjadi alfa,alfa-diphenyl-beta-picrylhydrazine.

Saat perubahan serapan yang dihasilkan oleh reaksi ini menjadi ukuran kemampuan antioksidan dari daun beluntas. Sebagai alat pembanding dipakai TBHQ (tertier butil hidroquinon) dan ?-karoten yang secara umum sudah dipakai sebagai aktioksidan komersial.

Berikut Adalah Manfaat Dan Cara Penggunaan Beluntas Untuk Kesehatan :

1. Demam

Caranya : Seduh 15 g daun beluntas segar dengan air panas, diamkan sejenak kemudian minum airnya. Atau bisa juga dengan mengukus 100 g daun beluntas segar hingga matang yang kemudian di makan bersama nasi pagi dan sore.

2. Menghilangkan Bau Badan

Caranya : Rebus 15 g daun beluntas, 5 g buah pinang dan garam dapur seujung sendok teh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya 2 kali sehari masing – masing 1 gelas.

3. Rematik

Caranya : Rebus 15 g akar beluntas yang sudah di cuci bersih dengan 3 gelas air sampai lunak. Selagi hangat makan akar tersebut, lakukan tiap hari untuk hasil maksimal.

4. Keputihan

Cara 1 : Rebus 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari pagi dan malam hari masing – masing 1/2 gelas.
Cara 2 : Siapkan sekitar 20 helai daun beluntas, 1 akar tapak liman, rebus menggunakan segelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Minum ramuan sehari sekali.

5. Hipertensi

Caranya : Rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, kemudian minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

6. Haid Tidak Teratur

Caranya : Tumbuk sampai halus 2 genggam daun beluntas, kemudian tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam. Selanjutnya peras dan saring lalu di minum 3 kali sehari masing – masing 1 gelas.

7. Pegal Linu

Caranya : Siapkan beberapa helai daun beluntas, cuci bersih, kemudian seduh mengguakan segelas air panas, saring dan minum ramuan 2 kali sehari.

8. Nyeri Pada Pinggang Maupun Pinggul

Caranya : Siapkan 1 akar beluntas, kencur sebanyak 1 ruas ibu jari, temulawak sebanyak 1 ruas ibu jari, kunyit sebanyak 1 ruas ibu jari, kemudian rebus menggunakan 1 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Minum ramuan sehari sekali.

9. Sakit Perut

Caranya : Siapkan sekitar 20 helai daun beluntas, cuci bersih, kemudian remas – remas hingga hancur, Seduh menggunakan segelas air panas, tambahkan asam dan garam secukupnya, saring, minum ramuan 2 kali sehari selagi hangat.

10. Nyeri haid

Caranya : Siapkan sekitar 20 helai daun beluntas, cuci bersih, kemudian remas – remas hingga hancur, Seduh menggunakan segelas air panas, tambahkan asam dan garam secukupnya, saring, minum ramuan 2 kali sehari selagi hangat.

Demikian Ulasan Tentang 201 Manfaat Beluntas Bagi Kesehatan Hidup Manusia Semoga Bermanfaat Buat Para Indonwsers 😀

Baca Juga