232 Manfaat Dan Khasiat Dalam Sayur Buncis

Jan 2 2015 - 2:36pm admin indonews2

232 Manfaat Dan Khasiat Dalam Sayur Buncis – Phaseolus vulgaris atau yang biasa kita sebut dengan nama sayur buncis tentunya sudah pernah kita dengar namanya tau memakannya. Sayuran yang memiliki bentuk mirip kacang panjang ini cukup nikmat untuk di jadikan lalapan atau di oseng dengan daging. Tanaman yang berasal dari Amerika ini merupakan jenis semak tegak dengan panjang 30 cm hingga 3 meter.

Manfaat Buncis

http://www.indonews.co.id Tetapi tahukah anda jika di balik semua kelebihannya sayur buncis juga memiliki manfaat bagi tubuh? Ternyata ada banyak manfaat sayur buncis yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah untuk diet anda. Nah, jika anda sedang melakukan program diet, ada baiknya anda membaca manfaat buncis ini.

Manfaat Dan Khasiat Dalam Sayur Buncis

Baik Untuk Diet

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sangat di sarankan untuk mengkonsumsi buncis daripada melakukan mogok makan ­čśÇ karena sayur buncis memiliki kandungan serat yang tinggi, dan rendah kalori. Kandungan serat berfungsi untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam darah dengan cara mengurangi proses penyerapan asam empedu kolesterol yang terjadi pada usus besar.

Mencegah Penyakit Kencing Manis

Berdasarkan penelitian ternyata sayur buncis dapat mencegah penyakit kencing manis atau diabetes melitus. Hal tersebut di karenakan pada sayur buncis terdapat zat b-sitosterol, dan stigmasterol yang dapat memacu produksi hormon yang di hasilkan oleh pankreas yaitu hormon insulin. Bagi anak SMA tentunya sudah mengetahui kalau hormon insulin berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Dengan banyak mengkonsumsi sayur buncis anda tidak perlu menambah hormon insulin dengan bantuan bakteri E.Coli.

Mengandung Banyak Nutrisi

Sayur buncis juga memiliki banyak kandungan vitamin. Tercatat vitamin A, B1, B6, B12, dan vitamin C terdapat pada sayur buncis.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Untuk memperkuat daya tahan tubuh manusia membutuhkan zat anti oksidan. Di sinilah peran buncis bagi tubuh, karena buncis memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Baik Untuk Ibu Menyusui

Buncis sangat bermanfaat bagi bagi ibu menyusui karena buncis dapat melancarkan ASI, dan menurunkan proses pengapuran pada manusia. Selain itu sayuran sejenis polong-polongan ini juga mampu meningkatkan sintesis DNA, dan RNA.

Berikut Adalah Manfaat Lain Sayur Buncis

1. Mengendalikan glukosa

  • Kacang Buncis memiliki kandungan protein yang tinggi dan tiak begitu jauh di belakang telur, jika sayuran yang dimasak dengan benar, protein yang terkandung di dalamnya dapat diserap oleh tubuh dan berguna untuk mengendalikan dlokusa atau kadar gula darah.
  • Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga gula darah dalam batas yang aman, selain itu jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah diabetes atau diabetes.

2. Melancarkan pencernaan

  • Buncis milik keluarga kacang, seperti yang kita tahu bahwa kacang tinggi┬áserat. Serat berguna untuk membantu sistem pencernaan.
    Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darh yang bisa memicu serangan jantung diperlukan sistem pencernaan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi oleh pasien dengan penyakit jantung.

3. Menjaga jantung tetap sehat

  • Dengan mengkonsumsi buncis minimal empat kali seminggu dapat membantu organ jantung kita tetap sehat, manfaat ini kita dapatkan dari buncis karena asam folat yang dikandungnya.

4. Awet muda

  • Meskipun semua manusia akan menua, tapi dengan mengkonsumsi buncis setiap hari maka seluruh tubuh akan terhindar dari masalah penuaan dini.
  • Buncis mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat menangkal semua gangguan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan paparan sinar matahari.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

  • Vitamin B1, B6 dan vitamin C dalam buncis dapat membuat sistem imun atau kekebalan tubuh kita meningkat. Kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah radikal bebas dan kerusakan DNA.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

  • Kacang mengandung beberapa mineral penting seperti mangan, kalium, besi dan magnesium. Semua senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh┬ápengkonsumsinya.
  • Metabolisme yang berfungsi dengan baik dapat memperbaiki sistem dan fungsi seluruh organ tubuh. Hal itu dibutuhkan oleh orang yang menurunkan berat badan.

7. Mengatasi batu ginjal

  • Serat yang begitu tinggi dalam buncis dapat berguna untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu banyak dokter menganjurkan makanan ini untuk dikonsumsi oleh pasiennya.

8. Rendah kalori

  • Jika Anda mengalami kesulitan menemukan diet rendah kalori, kacang dapat dipertimbangkan, kalori adalah sering menjadi masalah bagi semua orang.
  • Kelebihan kalori dapat meningkatkan berat badan dan mengundang berbagai penyakit berbahaya. Untuk menghindari saja, bahwa dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan minuman, dan salah satu makanan yang dimaksud adalah kacang-kacangan.

 

Demikian Ulasan Tentang 232 Manfaat Dan Khasiat Dalam Sayur Buncis┬áSemoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers ­čśÇ

Baca Juga