301 Manfaat Daun Patikan Kerbau Bagi Kesehatan Manusia

Jan 25 2015 - 12:48am admin indonews3

301 Manfaat Daun Patikan Kerbau Bagi Kesehatan Manusia – Dari sisi nama, tumbuhan yang satu ini membawa nama kerbau dibelakangnya, namun jika dilihat dari sisi daun, batang dll sepertinya tak ada hubungannya dengan kerbau. Meskipun begitu, Patikan Kerbau telah dikenal sejak dahulu sebagai tumbuhan yang memiliki khasiat tersendiri untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Orang tua jaman dahulu sering menggunakan daun patikan kerbau sebagai ramuan tradisional sebagai alternatif pengobatan penyakit sebelum adanya puskesmas dan obat yang tengah beredar seperti saat ini.

http://www.indonews.co.id/ Patikan kerbau sejatinya memiliki nama latin Euphorbia hirta dahulunya merupakan salah satu tumbuhan liar yang tumbuh dikawasan tropis. Tak hanya di tanah air, Daun patikan kerbau rupanya juga sudah sangat terkenal di negara China dan Malaysia. Jika di China, daun patikan kerbau lebih populer dengan sebutan sedangkan di India, Amanpat chaiarisi merupakan nama utama dari daun patikan kerbau beda lagi dengan negeri jiran Malaysia yang menyebut patikan kerbau dengan Gelang susu.

Manfaat Daun Patikan Kerbau Bagi Kesehatan

Daun Patikan Kerbau

Menurut beberapa penelitian, Patikan kerbau terbukti mengandung beberapa senyawa yang memang sangat berguna untuk mengobati beberapa macam penyakit dan baik untuk kesehatan seperti: alkaloida, tanin, senyawa folifenol (seperti asam gallat), flavonoid quersitrin, ksanthorhamnin, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat. Di sisilain, patikan kerbau juga terdapat kandungan senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron serta kautshuk.

Dengan demikian, jelas sudah jika tumbuhan yang satu ini memang memiliki manfaat dan khasiat tersendiri bagi kesehatan dalam mengobati beberapa macam penyakit.

Berikut Manfaat Daun Patikan Kerbau Bagi Kesehatan:

1. Mengobati Disentri

Patikan kebo 15 – 24 gram ditambah gula pasir (bila berdarah) atau gula enau (bila berlendir), tambah air secukupnya, ditim, minum.

2. Melancarkan Kencing

Gunakan Tanaman segar Patikan kerbau sebanyak 30- 60 gram, tambah air secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih, lalu minum air rebusan 2 x dalam sehari.

3. Mengobati Bronkhitis

Lumatkan herba Patikan Kebo segar yang belum berbunga 10 gram ditambah air secukupnya, setelah itu diperas. Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Lama pengobatan: Konsumsi rutin selama 14 hari.

4. Mengobati Abses / Radang payudara

Gunakan Patikan kebo segar sebanyak 60 gram dan ditambah 120 gram tahu putih, di tim, kemudian di  makan. lakukan sampai terasa hasilnya.

5. Mengobati Radang ginjal

( Pyelitis, nephritis ). Tanaman patikan kerbau yang sudah dikeringkan sebanyak 6-9 gram atau tanaman yang masih segar sebanyak 30 – 60 gram, kemudian di rebus hingga mendidih, dan minum air rebusan tersebut. lakukan hingga terasa hasilnya.

6. Mengobati Radang tenggorokan

Gunakan Daun patikan kebo secukupnya, kemudian diseduh dengan air panas, lalu di pakai untuk kumur-kumur. lakukan setiap pagi dan sore hari.

7. Mengobati Asma

1 genggam daun patikan kebo kering, direbus dengan 2 – 3 gelas air hingga mendidih, disaring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

8. Eksim

Gunakan daun patikan kerbau 30 gram, rebus dengan air sesuai kebutuhan, hingga mendidih, selanjutnya gunakan air ramuan tersebut untuk membasuh bagian yang sakit.

9. Tifus (Typus Abdominalis)

Ramuan I: 30 gram patikan cina lalu direbus dengan menggunakan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, selanjutnya air diminum selagi masih hangat.

Ramuan II :30 gram patikan kebo lalu direbus dengan menggunakan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, selanjutnya air diminum selagi masih hangat.

Pilihlah salah satu resep yang disediakan dan lakukan secara teratur dua kali dalam sehari.

10. Herpes Zoster

Gunakan 30 gram patikan cina dan 1 siung bawang putih ditumbuk atau busa juga di blender hingga halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan secara berkala Dua kali 1 hari, bila pengobatan telah sampai 10-12 hari, hentikan dulu pengobatan selama tiga hari. Setelah itu lanjutkan lagi pengobatan.

11. Demam Berdarah

Gunakan 30 gram daun patikan kebo rebus menggunakan 400 cc air sampai tersisa 200 cc, kemudian minum airnya selagi masih hangat.

12. Tekanan Darah Rendah / Hipotensi

Gunakan 30 gram daun patikan kebo, 100 gram ati ayam dan 100 gram daun bayam ditim, lalu dimakan, lakukan secara berkala 2 kali 1 hari. (Tarmizi, B.Sc. S.Pd/Universitas Negeri Padang)

Demikian Ulasan Tentang 301 Manfaat Daun Patikan Kerbau Bagi Kesehatan Manusia Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga