301 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Jan 29 2015 - 8:33am admin indonews2

301 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan – Jamur merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak kita temui di Indonesia. Saat ini banyak orang yang beranggapan kalau jamur selalu beracun sehingga mereka tidak berani untuk mengkonsumsi jamur. Padahal sebenarnya tidak semua jamur memiliki kandungan racun.

Manfaat Jamur

http://www.indonews.co.id/ Saat ini sendiri cukup banyak olahan jamur yang dilakukan oleh beberapa koki untuk bahan makanan. Beberapa diantaranya adalah untuk jamur crispy, steak jamur, dan tambahan bahan makanan lain. Tercatat beberapa jenis jamur juga dapat bermanfaat bagi tubuh seperti manfaat jamur berikut ini.

Berikut Adalah Manfaat Jamur :

1. Membantu Membakar Kolesterol

Jamur mengandung protein tanpa lemak, yang tinggi. Kandungan protein yang tinggi pada jamur dapat membantu membakar kolesterol di dalam tubuh. Sisi positif lainyya adalah jamur juga tidak mengandung kadar kolesterol.

2. Baik Untuk Diabetes

Selain berprotein tinggi jamur juga termasuk jenis tanaman tanpa lemak, tanpa kolesterol, dan berserat tinggi serta kandungan karbohidrat yang rendah sehingga cocok di konsumsi bagi para penderita diabetes. Selain itu jamur juga mengandung hormon insulin yang di butuhkan oleh tubuh. Hormon insulin merupakan hormon yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah. Sehingga makanan ini cocok di makan oleh penderita diabetes yang hanya memiliki sedikit hormon insulin..

3. Mencegah Kanker Payudara dan Kanker Prostat

Jamur memiliki kandungan Jamur sangat efektif dalam mencegah kanker pay*d ara dan prostat, karena adanya Beta-glukan dan Asam Linoleat terkonjugasi yang memiliki sifat anti efek karsinogenik. Beta-glukan, di sisi lain juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Sedangkan asam linoleat dapat membantu meminimalisir terserangnya penyakit kanker payudara dengan cara menekan efek esterogen setelah menopause.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jamur memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu jamur juga mengandung antibiotik alami yang berfungsi menghambat infeksi jamur, dan mikroba sehingga tanaman ini dapat di jadikan obat saat ada bagian tubuh terluka.

5. Membantu Membakar Lemak

Bagi anda yang ingin mengurangi berat badan, jamur merupakan salah satu jenis makanan yang baik di konsumsi karena dapat membakar lemak. Seperti yang telah di jelaskan di atas jamur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang berfungsi untuk membakar lemak berlebih.

6. Sumber vitamin D

Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari. Bahkan ketika mengonsumsi ekstrak jamur kancing maka Anda akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara meningkatkan produksi protein dan antivirus yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga mampu meningkatkan kesehatan sel dendritik yang ada di dalam sumsum tulang Anda untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

8. Mengontrol berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba mengganti konsumsi daging dengan jamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jamur maka dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.

9. Melawan kanker

Jamur adalah makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Selain itu jamur shitake juga dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

10. Antioksidan

Jamur tiram kaya akan antioksidan. Bahkan, menurut sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa jamur tiram memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi untuk melindungi sel-sel dalam tubuh. Kandungan baik ini tak berubah walaupun telah dimasak sekalipun.

11. Antibakteri

Menurut sebuah studi di tahun 1997 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tertulis senyawa benzaldehida yang ada pada jamur dapat membantu memerangi bakteri jahat dalam tubuh.

12. Menurunkan Kolesterol

Jamur tiram merupakan makanan yang bagus untuk penderita obesitas (kelebihan berat badan), diabetes, dan tekanan darah tinggi. Hal itu karena jamur tiram memiliki sodium dan karbohidrat yang rendah. Jamur tiram juga mengandung statin yang merupakan obat ampuh penurun kolesterol.

13. Menghentikan Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak dari jamur tiram terbukti ampuh menghentikan pertumbuhan sel kanker. Ekstrak jamur tiram juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, pengobatan kanker menggunakan jamur kini banyak dilakukan.

14. Mengobati Hepatitis

Jamur tiram dikenal sebagai salah satu cara yang efektif untuk menghentikan kecanduan dari produk tembakau dan melawan virus hepatitis C.

Demikian Ulasan Tentang 301 Manfaat Jamur Bagi KesehatanĀ Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers šŸ˜€

Baca Juga