32 Manfaat Telur Burung Puyuh Bagi Kesehatan Manusia

Jan 28 2015 - 11:17pm admin indonews2

32 Manfaat Telur Burung Puyuh Bagi Kesehatan Manusia – Bukan rahasia lagi jika telur adalah salah satu makanan yang sering kita konsumsi. Beberapa telur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia pada umumnya adalah telur negeri, telur ayam kampung, telur bebek, dan juga telur puyuh. Salah satu yang cukup populer adalah telur puyuh yang biasanya dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Manfaat Telur Puyuh

manfaat-telur-puyuh

www.indonews.co.id/ Saat ini sendiri banyak dari kita yang mengkonsumsi telur burung puyuh tanpa mengetahui manfaatnya. Meskipun memiliki ukuran yang kecil namun telur ini memiliki banyak kelebihan. Selain harganya yang terjangkau, dan mudah di temukan di pasaran, telur puyuh juga memiliki manfaat bagi tubuh. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat telur puyuh ini, mari kita simak info berikut ini.

Berikut manfaat Telur burung puyuh :

1. Kaya Akan Protein

Telur puyuh merupakan makanan yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Telur puyuh memiliki kandungan protein lebih dari 13%.

2. Sehat Untuk Mata

Telur burung puyuh juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dengan mengkonsumsi telur burung puyuh 5 butir sehari dapat memenuhi kebutuhan mata akan vitamin A.

3. Banyak Mengandung Kolin

Kolin merupakan salah satu zat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Untuk anak-anak kandungan kolin sangat di butuhkan untuk meningkatkan daya ingat sekaligus meningkatkan kecerdasan. Sementara itu selain berfungsi untuk anak-anak kolin juga sangat bermanfaat bagi seorang ibu hamil karena dapat mengurangi resiko keguguran sekaligus mengoptimalkan perkembangan janin.

4. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Selain memiliki beberapa manfaat di atas telur burung puyuh juga dapat mengangkat racun pada tubuh. Hal tersebut di karenakan telur burung puyuh dapat mengambil zat toxin atau racun lain dari dalam tubuh kita, sehingga secara langsung dengan mengkonsumsi telur puyuh dapat membuat kita terhindar dari penyakit berbahaya seperti kencing batu, dan batu hati.

5. Menjaga Potensi Seksual

Seperti yang kita ketahui telur burung puyuh juga memiliki kandungan protein, fosfor serta vitamin yang dapat menjaga potensi seksual seseorang. Bagi pasangan yang ingin cepat memiliki momongan juga di sarankan untuk mengkonsumsi telur burung puyuh secara teratur setiap harinya.

6. Menyembuhkan Alergi

Kelebihan lain dari telur burung puyuh jika di bandingkan dengan telur ayam adalah telur burung puyuh dapat menyembuhkan alergi. Untuk menyembuhkan alergi di butuhkan zat Ovomucoid yang sering di gunakan sebagai obat anti alergi. Kandungan Ovomucoid sendiri dapat kita temukan pada telur burung puyuh .

7. Nutrisi Otak

Selain protein, lemak, vitamin, dan mineral, telur puyuh juga kaya akan kolin. Kolin berperan penting di dalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak, karena fungsi kolin sebagai komponen asetikolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf.

8. Telur puyuh baik bagi kehamilan.

Selain karena asupan kolin bagi otak janin, juga mengurangi resiko kematian, bayi cacat dan keguguran.

  • Kuning telur puyuh mengandung lutein dan zeaksantin yang mampu melindungi mata dan meningkatkan kandungan dua zat tersebut yang ada pada retina mata.
  • Telur puyuh mengandung zat anti kanker. (Waaah, kabar baik nih)
  • Lutein setiap hari dapat menghambat penuaan hingga 40%, jadi bisa nampak awet muda.

Demikian Ulasan Tentang 32 Manfaat Telur Burung Puyuh Bagi Kesehatan Manusia┬áSemoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers ­čśÇ

Baca Juga