33 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Manusia

Jan 27 2015 - 1:49am admin indonews3

33 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Manusia – Wortel merupakan tanaman yang sudah terbukti akan khasiat dan manfaatnya. Oleh karena itu wortel juga masuk kedalam sayuran favorit. Bagi anda yang memiliki gangguan penglihatan, pastinya sayuran yang satu ini tak ketinggalan untuk dikonsumsi. Ya wortel memang terkenal akan kandungan vitamin A nya yang membantu menjaga kesehatan mata.

Kini berbagai macam olahan dari wortel sudah banyak bermunculan karena mengingat begitu pentingnya kandungan nutrisi dari wortel untuk kesehatan. Salah satunya adalah dengan dijadikan minuman yakni jus wortel sebagai minuman favorit.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel

IndoNews.co.id Tak hanya terkenal akan kemampuan untuk menjaga kesehatan mata, wortel juga ternyata dapat dijadikan sebagai salah satu sayuran yang mampu menjaga kesehatan gigi. Sayuran yang memiliki nama latin “Daucus carota”, juga sangat digemari bagi yang tengah menjalankan program diet. Hasil studi baru-baru ini menunjukkan wortel tidak hanya bermanfaat untuk organ mata saja, masih banyak fungsi dan kegunaan wortel berkaitan dengan tingkat kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan yang jarang diketahui orang lain. Berikut ini beberapa manfaat wortel bagi kesehatan:

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

1. Mengecilkan resiko stroke

Dilansir oleh spotonthelist, wortel membantu mengurangi resiko serangan stroke. Mereka yang setiap harinya rajin mengonsumsi wortel, 68% punya kesempatan terjauh dari stroke. Kalau tidak bisa rutin mengonsumsi setiap hari Anda juga disarankan bisa mengonsumsi 5 buah saja sudah cukup dalam seminggu.

2. Menjaga kesehatan gigi

Kalau untuk gigi lebih baik dikunyah mentah-mentah, karena para ilmuwan mengatakan mengunyah mentah-mentah wortel akan menghilangkan plak dari gigi, dan juga sisi makanan yang ada gigi. Selain itu wortel juga bisa mencegah pendarahan pada gusi dan memelihara gigi agar tetap sehat dan kuat.

3. Mengatasi problem pencernaan

Nenek moyang memanfaatkan wortel untuk mengobati diare secara alami. wortel bisa mencegah perkembangan bakteri sehingga proses penyembuhan diare dapat berlangsung lebih efektif. Karena kandungan potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor, dapat mengatasi masalah pencernaan. Jadi buang air besar menjadi lancar dan perut tidak merasa sakit sembelit.

4. Bekerja sebagai antiseptik

Sudah sejak jaman dulu dipercaya wortel dapat menjadi antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi pada kulit. Cara termudah adalah dengan mengaplikasikannya pada luka dan membalutnya hingga kering.

5. Mempercantik kulit

Sudah disebutkan di atas kan kalau wortel ini ampuh untuk merawat kulit. Keampuhannya termasuk menjaga dan merawat kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel dapat mengusir pigmentasi atau noda hitam pada kulit. Memaskerkan wortel pada kulit wajah sekaligus mencegah dan mengurangi kerutan di wajah.

6. Mencegah kanker

Karena ada kandungan falcarinol, wortel ini ampuh untuk mengurangi resiko terkena kanker terutama kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara. Seratnya dapat membantu membersihkan usus dengan maksimal dan meningkatkan kualitas sel-sel di dalam payudara.

7. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A di dalam wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Di mana mata menjadi lebih jernih serta penglihatan di kegelapan atau malam hari jadi lebih tajam. Wortel juga melindungi mata dari serangan penyakit katarak yang biasanya menyerang mata yang sudah berusia.

8. Mengatur Gula Darah

  • Para peneliti percaya bahwa wortel juga bisa membantu mengatur kadar gula darah Anda.
  • Hal ini terutama karena kandungan karotenoid yang tinggi pada wortel, yang telah berbanding terbalik dikaitkan dengan kadar gula darah yang tinggi.

9. Menyehatkan Paru-paru

  • Jus wortel sangat baik untuk mempromosikan kesehatan paru-paru.
  • Hal ini termasuk melindungi sistem pernafasan kita dari risiko infeksi, serta membantu untuk melawan efek samping buruk yang berhubungan dengan polusi udara.
  • Hal ini karena jus wortel sangat kaya akan vitamin A, yang juga dapat membantu mengurangi risiko emphysema – yang merupakan salah satu risiko paling besar bagi para perokok.

10. Memperkaya Laktasi 

  • Ibu menyusui juga bisa mempertimbangkan manfaat jus wortel, karena bisa membantu untuk memperkaya jumlah keluaran ASI nya.
  • Selain itu, juga membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Minum Jus wortel juga merupakan cara terbaik bagi bayi yang disusui untuk bisa mendapatkan asupan vitamin A.

11. Meningkatkan Fungsi Hati 

  • Salah satu metode yang paling berguna untuk mendetoksifikasi liver Anda adalah dengan minum antara 2 atau 3 gelas jus wortel setiap hari.
  • Minum jus wortel dalam jumlah ini akan menyebabkan warna oranye pada kulit Anda, karena racun dari empedu sedang dibersihkan dari liver Anda.

Manfaat lain : Jus wortel juga dikenal para ahli bisa membantu menyeimbangkan keasaman dalam darah, membantu membersihkan jerawat, mengatasi anemia, membantu aterosklerosis, asma, kolesterol, sembelit, bisul, dan retensi air.

Perhatian

Wortel yang warnanya lebih gelap lebih tinggi mengandung karoten. Rasa manis jus wortel ini adalah berasal dari kadar gula alaminya yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus meminta saran dokter sebelum minum banyak jus wortel.

Demikian Ulasan Tentang 33 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Manusia Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga