5 Tips Jitu Cara Melancarkan BAB

Sep 24 2014 - 12:51am admin indonews2

5 Tips Jitu Cara Melancarkan BABBuang air besar adalah kebutuhan dasar yang paling dibutuhkan oleh semua makhluk hidup termasuk anak bayi. Namun bagaimana jika buang air besar tidak bisa dilakukan atau mengalami kemacetan atau berdarah ? Penyakit akan datang hingga menyebabkan kematian. Hal ini bukan berlebihan melainkan benar adanya. Karena jika zat yang tidak terpakai tidak dibuang maka akan menimbulkan akibat yang fatal bagi tubuh. Termasuk kematian.

Solusi Susah BAB

Tapi tak perlu khawatir kemacetan dalam buang air besar sangatlah wajar tapi tetap tak boleh dibiarkan. Kemacetan ini diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh tubuh sangat sulit untuk dicerna.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk solusi kemacetan dalam BAB :

1. Manfaat Buah Pisang

Buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Tak salah jika banyak orang mengonsumsi buah ini jika mengalami kemacetan BAB karena setelah beberapa jam buah ini masuk dalam mulut makan kotoran akan segera keluar dari tubuh.

2. Manfaat Buah Pepaya

Selain bermanfaat dalam pembuatan masker wajah alami, pepaya juga sangat bermanfaat dalam membantu sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan pepaya yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Dan tekstur yang dimiliki oleh pepaya juga lebih lembut dibandingkan pisang.

3. Manfaat Buah Salak

Masyarakat pada umumnya mengonsumsi salak dengan membersihkan selaput tipis yang menutupi daging buah. Cara ini tidak salah melainkan sangat disayangkan. Kenapa? Karena selaput tipis yang menutupi daging buah sangatlah bermanfaat untuk membantu melancarkan BAB.

4. Obat Pelancar BAB

Dalam masyarakat yang serba modern ini sangat diperlukan segala sesuatu yang serba cepat. Termasuk dalam urusan pembuangan. Di pasaran telah banyak ditemukan berbagai macam obat pelancar BAB. Ada yang bentuk pil, tablet, sirup bahkan serbuk. Yang terpenting adalah konsumsi obat tersebut sesuai kadar dosisnya.

5. Periksa Ke Dokter

Cara ini adalah cara terakhir yang perlu anda coba jika keempat cara di atas tak berhasil. Jangan pernah malu untuk bertanya. Karena malu bertanya pada dokter maka kematian karena kemacetan BAB akan datang.

Cara di atas patut anda coba untuk memperlancar proses BAB. Karena BAB sangat penting bagi kehidupan kita. Kalau bisa makanlah nasi dengan sayur minimal dua hari sekali agar nasi dan makanan anda mudah dicerna oleh tubuh dan sistem pencernaan anda pun akan lancar serta gangguan kemacetan tidak akan datang.

Berikut Artikel Penting Kesehatan Juga :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga