50 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Feb 8 2015 - 4:24pm admin indonews3

50 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan – Mungkin bagi sebagian orang mengenal bunga matahari tak lain adalah dengan makanan yang satu ini yakni kuwaci. Ya Kuwaci atau yang terbuat dari biji matahari memang sudah akrab sekali ditelinga masyarakat. Dan bahkan mungkin hanya sedikit dari masyarakat yang mengetahui bahwa tumbuhan yang satu ini memiliki khasiat manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bunga matahari sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman obat herbal, karena hampir ke seluruhan dari bunga matahari ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Pada bagian bunga mengandung senyawa kimia seperti quercimeritrin, asam oleanolat, helianthoside A, B dan C serta asam echinocystat.

Sedangkan pada bagian biji bunga matahari mengandung senyawa kimia seperti sitosterol, prostaglandin E, asam kiorogenik, asam quinat, phytin, dan benzopyrene. Kandungan dalam 100 g minyak biji bunga matahari terdapat 9,8% lemak jenuh, lemak tak jenuh, 11,7% seperti oleat dan 72,9% linoleat, serta todak mengandung kolesterol.

Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Bunga Matahari

Manfaat dan Khasiat Bunga Matahari

  • Bunga matahari berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah,serta merupakan pereda nyeri alami. Oleh karena itu bunga matahari dapat digunakan untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan nyeri lambung.
  • Biji bunga matahari bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi kelesuan, dan meredakan sakit kepala.
  • Akar tanaman bunga matahari bermanfaat untuk meluruhkan air seni, mengatasi infeksi saluran kencing, batuk rejan, dan keputihan, serta dapat meredakan batuk, dan juga mengurangi rasa nyeri. Daunnya berkhasiat untuk meredakan radang, mengurangi nyeri, dan antimalaria.
  • Batang bunga matahari (bagian sumsumnya) dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas, membantu kerja liver. Semoga bermanfaat.

1. Bunga Matahari Untuk Mengobati Sakit Kepala

Gunakan 30 gr bunga matahari, lalu direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

2. Bunga Matahari Untuk Mengobati Rematik

Ambil dan rebus 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

3. Bunga Matahari Untuk Mengobati Disentri

Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.

4. Bunga Matahari Untuk Melancarkan buang air besar dan kecil

Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya. Insya Alloh semuanya akan lancar kembali.

5. Bunga Matahari Untuk Infeksi saluran kencing

Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.

 

Demikian Ulasan Tentang 50 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga