50 Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan Manusia

Jan 25 2015 - 1:42am admin indonews3

50 Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan Manusia – Mungkin bagi sebagian pembaca sudah ada yang mengenal tumbuhan yang satu ini. Sebenarnya Daun Sambiloto berasal dari negeri India dan Sri Lanka, namun berkat ketenaran daun sambiloto dalam mengobati beberapa jenis penyakit membuat daun ini dibawah oleh para pedagang dari india ke indonesia. Dan kini penyebaran daun sambiloto sudah sampai ke Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika.

Daun yang satu ini memang sudah dipercaya sejak dahulu dan digunakan secara turun-temurun oleh nenek moyang sebagai obat tradisional sekaligus herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan temuannya mengenai kandungan yang ada di daun sambiloto.

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan

Daun Sambiloto

www.indonews.co.id/ Banyak Kandungan yang terdapat dalam daun sambiloto seperti : senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Sedangkan Andrographolide memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu. Sambiloto telah lama dikenal memiliki khasiat medis.

Berikut manfaat daun sambiloto bagi kesehatan dan cara pengolahannya:

1. Mengobati Tifoid

Daun sambiloto segar sebanyak 10 – 15 lembar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari

2. Mengatasi Disentri basiler, diare, radang saluran napas, radang paru

Herba kering sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Air rebusannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

3. Mengatasi Disentri

Herba krokot segar (Portulaca oleracea) sebanyak 500 g diuapkan selama 3 – 4 menit, Kemudian tumbuk dan diperas. Air perasan ditambahkan bubuk kering sambiloto 10 g dan diaduk. diminum, sehari 3 kali masing-masing 1/3 bagian.

4. Mengatasi Influenza, sakit kepala, demam

Bubuk kering sambiloto sebanyak 1 g diseduh dengan cangkir air panas. Setelah dingin diminum sekaligus, Lakukan 3 – 4 kali sehari.

5. Meredakan Demam

Daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam ditumbuk. Tambahkan 1/2 cangkir air bersih, saring lalu minum sekaligus. Daun segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai tapal badan yang panas.

6. Mengatasi TB paru

Daun sambiloto kering digiling menjadi bubuk. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk rata lalu dibuat pil dengan diameter 0,5 cm. Pil ini Ialu diminum dengan air matang. Sehari 2 – 3 kali, setiap kali minum 15 – 30 pil.

7. Mengobati Batuk rejan (pertusis), darah tinggi

Daun sambiloto segar sebanyak 5 – 7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.

8.  Mengobati Radang paru, radang mulut, tonsilitis

Bubuk kering herba sambiloto sebanyak 3 – 4,5 g diseduh dengan air panas. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya lalu diminum sekaligus.

9. Mengobati Faringitis

Herba sambiloto segar sebanyak 9 g dicuci lalu dibilas dengan air matang. Bahan tersebut lalu dikunyah dan airmya ditelan.

10. Mengobati Hidung berlendir (rinorea), infeksi telinga tengah (OMA), sakit gigi

Herba sambiloto segar sebanyak 9 – 15 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

11.  Mengobati tifus

Gunakan 10 – 15 lembar daun sambiloto dan rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih dan biarkan air sampai tersisa kira-kira satu gelas kemudian minum air rebusan tersebut selagi hangat.

12. Mengobati kencing manis

Gunakan daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam lalu cuci bersih daun tersebut dan kemudian daun di rebus dangan menggunakan air sebanyak 3 gelas diamkan hingga air tersisa 2 1/4 saring dengan penyaring teh setelah itu minum air rebusan setelah makan.

Demikian Ulasan Tentang 50 Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan Manusia Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga