6 Khasiat dan Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

Aug 17 2015 - 2:18am admin indonews3

6 Khasiat dan Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

– IndoNews.co.id – Manfaat dan Khasiat Daun Pakis Bagi Kesehatan. Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan yang satu ini? Pakis atau yang dalam bahasa latin bernama Diplazium esculentum merupakan tanaman yang masih tergolong dalam tumbuhan paku. Tumbuhan pakis yang sering tumbuh dihutan sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan terutama dauunya yakni untuk dijadikan sayuran. baca artikel sebelumnya : cara mencegah kanker hati

Jauh sebelumnya para nenek moyang kita memanfaatkan pakis sebagai tanaman obat yang dipercaya mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Di tanah air pemanfaatan pakis sebagai sayuran kurang begitu terlihat namun di China pakis sudah seperti kebutuhan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat disana.

Khasiat dan Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

Daun pakis dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan luka. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin C-nya cukup tinggi, yaitu 30 mg per 100 g. Fungsi vitamin C banyak berkaitan dengan pembentukan kolagen. Vitamin C diperlukan untuk hidroksilasi prolin dan lisln menjadi hidroksiprolin dan hidroksilisin, yang merupakan bahan penting dalam pembentukan kolagen.

Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, membran kapiler, dan kulit. Dengan demikian, vitamin C berperan besar dalam penyembuhan luka. Daun pakis yang berwarna hijau gelap kaya akan betakaroten. Di dalam tubuh, betakaroten akan dimetabolisme menjadi vitamin A. Kandungan betakaroten dalam daun pakis setara dengan 432 RE vitamin A.

Betakaroten ini berperan dalam mengatur proses metabolisme di beberapa jaringan tubuh. Selain itu, betakaroten juga mengatur kerja gen-gen yang terlibat dalam sistem imunitas, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Daun pakis juga dipercaya berkhasiat mencegah penyakit rematik.

Hal itu dikarenakan adanya kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, yaitu masing-masing 42 mg dan 172 mg per 100 g daun pakis. Kalsium dan fosfor merupakan mineral makro yang diperlukan untuk pertumbuhan, pembentukan, dan pemeliharaan kesehatan tulang.

Berikut Beberapa Kandungan Khasiat dan manfaat daun pakis bagi kesehatan :

  •  Untuk Mengobati Luka

Kandungan vitamin C yang tinggi mampu meningkatkan  pembentukan kolagen yang akan mempengaruhi keberadaan sel di  semua jaringan ikat (tulang rawanm membran kapiler dan kulit).  Sehingga akan mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Untuk Memperbaiki Proses Metabolisme Jaringan Tubuh.

Kandungan Betakaroten dan Vitamin A berperan dalam khasiat ini.

  • Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat ini diperoleh karena kandungan betakaroten dalam daun  pakis.

  • Untuk Mencegah Penyakit Rematik

Khasiat ini diperoleh karena kandungan kalsium dan fosfor yang  tinggi dalam daun pakis.

  • Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Khasiat dari daun pakis yang mengandung kalsium dan fosfor juga  dapat meningkatkan pembentukan dan kesehatan tulang.

  • Untuk Mencegah Rematik, karena daun pakis Memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi.

Simak Di Bawah Ini Yaa Untuk Artikel Kesehatan Lainya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga