8 Bahan Obat Alami Mengatasi Penyakit Asam Urat

Aug 22 2015 - 12:01am Indonews Coid

8 Bahan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat

 

IndoNews.Co.Id – Asam Urat adalah hasil dari konsumsi berlebihan zat purin. Purin diproses menjadi asam urat tubuh, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang menumpuk menjadi kristal pada sendi. Akibatnya, nyeri sendi, bengkak dan meradang. Asam urat adalah penyakit dari zat sisa metabolisme purin yang berasal dari sisa makanan yang kita makan. Purin itu sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh yang hidup.

Asam Urat

Asam Urat : Image Source By Youtube

1. Tumbuhan Tempuyung

Merupakan jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai obat asam urat ampuh. Banyak orang yang menggunakan tempuyung untuk mengobati asam urat nya. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut dan lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan Tempuyung sebagai obat asam urat.

2. Daun salam

Daun salam biasanya di gunakan sebagai penyedap makanan. Selain sebagai bumbu memasak, daun salam juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat karena kandungan flavonoid dan tanin. Daun salam dapat di di buat menjadi ramuan asam urat ampuh.

Caranya : Siapkan beberapa lembar daun salam dan batang sere. Rebus kedua bahan mendidih dan minum setelah dingin. Minum ramuan ini secara teratur berapa kali dalam seminggu agar penyakit cepat sembuh.

3. Tumbuhan Sambiloto

Sambiloto (Paniculata) adalah jenis herbal yang banyak digunakan untuk berbagai solusi alami. Sambiloto mengobati asam urat juga bisa efektif.

Caranya : siapkan beberapa tanaman daun sambiloto dan kunyit. Rebus kedua bahan dengan segelas air, tunggu sampai mendidih dan dinginkan. Minum air rebusan untuk mengobati asam urat tidak kambuh lagi.

4. Tumbuhan Kumis Kucing

Selain memfasilitasi urin, kumis kucing juga mampu menyingkirkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Kumis kucing dapat ditemukan di pasar untuk jamu, atau Anda juga bisa tumbuh sendiri di rumah.

Cara membuat : siapkan beberapa kumis kucing tanaman, beberapa batang tanaman meniran, dan air bersih. Setelah tiga bahan tersebut direbus sampai mendidih dan tunggu sampai dingin. Minum dua kali sehari dalam beberapa minggu dan asam urat Anda akan segera pulih.

5. Sidaguri

Tanaman ini dapat mengobati penyakit asam urat, yaitu dengan menyiapakan tanaman sidaguri kering dan direbus dengan air sampai mendidih. Saring dan tunggu sampai dingin, lalu minum dua kali sehari. Ingat ketika hamil harus menghindari konsumsi tanaman sidaguri karena dapat melemahkan rahim pada wanita hamil.

6. Hindari purin

Hindari konsumsi berlebihan makanan yang mengandung purin seperti anggur, daging merah, kacang, makanan laut, minuman beralkohol, terutama bir karena mengandung purin tinggi, teh, dan kopi. Makan makanan ini mungkin asalkan tidak berlebihan karena tidak baik untuk penderita asam urat.

7. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Untuk penyakit asam urat, mulailah berolahraga secara teratur. Karena dengan olahraga teratur akan membuat metabolisme menjadi lancar dan purin asam urat berlebih dapat dikurangi dan akan segera hilang.

8. Konsumsi Cukup Air

Perbanyaklah minum air untuk racun dalam tubuh dapat dihilangkan secara alami, sehingga dapat dihindari kelebihan purin dan kadar asam urat akan berkurang.

9.  DOA ( Ini adalah Bagian Terpenting Dari 9 Hal Diatas )

Ingat usaha tanpa doa adalah sia sia hasilnya, Doa adalah senjata paling ampuh untuk semua penyakit, Berdoalah dengan penuh keyakinan akan dikabulkannya doa kita, dan selalu berprasangka baik lah kepada ALLAH SWT. Insya Allah Penyakit apapun itu akan sembuh.

Di Kutip dari sumber : aktualita.co

Simak Di Bawah Ini Yaa Untuk Artikel Kesehatan Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang 8 Bahan Obat Alami Mengatasi Penyakit Asam Urat Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn 🙂

Baca Juga