8 Manfaat Dan Khasiat Singkong Bagi Kesehatan

Mar 26 2015 - 1:09am Indonews Coid

8 Manfaat Dan Khasiat Singkong Bagi Kesehatan – Singkong merupakan sumber terbesar ketiga makanan karbohidrat di daerah tropis, setelah padi dan jagung. Singkong merupakan makanan pokok utama di negara-negara berkembang, dan merupakan makanan pokok bagi lebih dari setengah miliar orang. Ini adalah salah satu tanaman yang toleran terhadap kekeringan, mampu tumbuh pada lahan marginal. Nigeria adalah produsen terbesar singkong di dunia, sementara Thailand adalah eksportir terbesar singkong.

Manfaat Singkong

Manfaat Singkong

Berikut Adalah Manfaat Singkong Bagi Kesehatan :

1. Sumber Serat

Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang baik. Itu membuat singkong dapat menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, kanker usus besar dan diabetes membantu mengendalikan. Manfaat singkong diperoleh dengan dikukus atau direbus.

2. Sumber Karbohidrat

Singkong telah dua kali lipat jumlah kalori lebih dari kentang. Jadi tidak salah untuk menjadi salah satu dari singkong sebagai sumber makanan pokok karbohidrat. Dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Protein Tinggi

Singkong lebih rendah lemak dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dari kentang dan pisang.

4. Vitamin K

Singkong mengandung vitamin K, yang berfungsi untuk membangun massa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan memainkan peran penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Vitamin B kompleks

Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks dan vitamin seperti riboflavin kelompok, folat, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

6. Mineral penting

Singkong juga merupakan sumber penting mineral bagi tubuh, seperti magnesium, seng, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, jumlah kalium dalam singkong berperan untuk komponen penting dari sel pembentuk tubuh dan mengontrol tekanan darah. Dari penelitian yang dilansir oleh manfaat Affleap singkong sebagai menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Pencernaan

Larut Fiber atau serat isi singkong tidak larut dalam air. Jenis serat membantu mempercepat proses buang air besar, dan dapat menyerap dan membuang racun dalam usus, sehingga menjadi pencernaan yang sehat.

8. Obat untuk Kanker

Kandungan zat aktif dalam singkong juga bisa mendapatkan keuntungan untuk mengobati kanker.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Di Dalam Singkong

Singkong mengandung akar alami senyawa sianogen beracun dan metil glikosida linamarin linamarin. Oleh karena itu, konsumsi singkong mentah dapat mengalami keracunan sianida dengan gejala muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan kematian.

Secara umum, kandungan sianida jauh lebih tinggi di kulit luar. Singkong mengupas akan mengurangi kandungan sianida termasuk pengeringan di bawah sinar matahari dan berendam. Kemudian disusul dengan merebus singkong dengan cuka air garam. Penguapan dari senyawa ini akan membuat singkong aman untuk dikonsumsi manusia.

Demikian Ulasan Tentang 8 Manfaat Dan Khasiat Singkong Bagi Kesehatan Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn … 😀

Baca Juga