8 Tips Jitu Mengambil Foto Menggunakan Kamera HP

Aug 28 2014 - 12:01am admin indonews2

8 Tips Jitu Mengambil Foto Menggunakan Kamera HP – Saat ini kamera pada ponsel meruapakan salah satu fitur yang harus ada. Pasalnya, kebanyakan pengguna ponsel lebih memilih untuk menggunakan kamera ponselnya ketimbang kamera pocket ataupun kamera SLR. Beberapa beranggapan bahwa menggunakan kamera pocket atau SLR akan menambah beban saat membawanya.

8 Tips Mengambil Foto Menggunakan Kamera HP

8 Tips Mengambil Foto Menggunakan Kamera HP

Hingga saat ini sendiri, para pengguna smartphone dari low level hingga high end memiliki dukungan kamera pada ponselnya. Namun sayangnya, kualitas dari kamera ponsel sendiri kurang mendukung untuk menghasilkan foto atau jepretan yang memuaskan. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kualitas kamera, atau teknik saat pengambilan foto. Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai 8 Tips Jitu Mengambil Foto Menggunakan Kamera HP :

1. Usahakan Cukup Cahaya

Setiap waktu (pagi, siang, sore, malam) mempunyai momen dan juga teknik tersendiri. Usahakan mempunyai cayah yang cukup saat mengambil gambar. Selain itu, usahakan mencari settingan yang tepat untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus.

2. Dekatkan Dengan Objek

Penggunaan zoom pada kamera ponsel, akan mengurangi kualitas jepretan anda. Oleh karena itu, usahakan saat mengambil gambar, anda dekat dengan objek foto yang anda ambil untuk menhasilkan gambar yang lebih bagus dan detail. Namun ingat juga, beberapa ponsel yang tidak memiliki fitur autofokus, jika mengambil foto terlalu dekat, akan malah ngeblur (tidak jelas). Oleh karena itu, perhtaikan jarak pengambilan gambar.

3. Editing

Jika saat pengambilan gambar anda rasa masih kurang puas atau kurang maksimal, anda bisa memanfaatkan fitur editing yang ada di ponsel anda atau anda bisa menggunakan software di komputer anda seperti photoshop. Dengan begitu anda bisa memperbaiki foto anda misal dengan pencahayaannya atau memakismalkan potensi foto anda.

4. Gunakan Resolusi Tertinggi

Hal yang paling penting jika anda menginginkan hasil jepretan yang maksimal adalah gunakan resolusi kamera ponsel anda yang tertinggi. Dengan begitu anda akan mendapatkan hasil jepretan yang lebih maksimal. Namun perhatikan juga space penyimpanan anda, pasalnya semakin besar resolusi kamera anda, maka akan lebih besar pula besar data yang harus disimpan di ponsel anda.

5. Pelajari Ilmu Fotografer Lain

Beberapa orang bisa mendapatkan informasi ataupun pengetahuan bahkan ide baru saat melihat hasil fotografi orang lain. Oleh karena itu, banyak-banyaklah melihat atau pelajari fotografi orang lain.

6. Jepret diam diam untuk mendapat hasil yang alami.

7. Kunci eksposur dan fokus. Dengan aplikasi kamera default, tekan/tap dan tahan tombol Shutter. Ketika tanda kotak berkedip, artinya eksposur dan fokus sudah terkunci. Baru ambil gambar dengan menekan penuh tombol shutter atau melepas jari dari layar.

8. Kita Harus Mempunyai HP Kamera karena tidak mungkin semua tips diatas terjadi dan bisa dilakukan tanpa adanya tips ke 8 ini 😀

 

Baca Juga