9 Manfaat Dan Khasiat Cabai Bagi Kesehatan

Aug 13 2015 - 1:00am admin indonews2

9 Manfaat Dan Khasiat Cabai Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu bahan makanan ini. Ya, Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang bagi sebagian orang adalah wajib dalam makanan. Cabai yang biasanya dibuat sambal ini banyak tersaji di tempat makanan, ataupun dirumah anda sendiri.

9 Manfaat Dan Khasiat Cabai

Indonews Cabe sendiri memiliki banyak olahan yang bisa kita olah. Contohnya saja bisa digunakan sebagai sambal, campuran masakan, juga menjadi bahan tambahan jus. Nah, saat ini sendiri masih sedikit orang yang tahu apa saja manfaat sebenarnya cabai ini. Ada beberapa manfaat cabai yang sebenarnya sangat berguna bagi kesehatan anda. Salah satunya adalah menguatkan kekebalan tubuh anda.

Oke, ini dia khasiat cabai yang jarang diketahui orang.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cabai dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Maka tak heran jika cabai juga digunakan sebagai peningkat daya tahan tubuh. Jadi, jika anda mengalami sedikit flu, anda bisa mengonsumsi cabai untuk meningkatkan kesehatan anda.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian, cabai mengandung zat capsaicin yang memiliki fungsi untuk membantu proses penurunan berat badan. Capsaicin sendiri memiliki sifat termogenik, yaitu sifat yang dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Dengan begitu, proses pembakaran akan lebih meningkat, yang akan membakar lemak lebih banyak.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol

Cabai juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Cara kerja dari antioksidan ini adalah mengikat kolestrol jahat yang dinetralkan agar tidak berbahaya untuk tubuh.

4. Mengeluarkan Keringat

Kandungan capsaicin yang terkandung dalam cabai ternyata juga mampu untuk melebarkan pembuluh darah kita. Hal tersebutlah yang mengakibatkan kita berkeringat saat makan cabai. Nah, dengan berkeringat ini, tentunya racun yang ada dalam tubuh kita keluar. Sehingga kita juga lebih sehat.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Vitamin B yang terkandung dalam cabai juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengencerkan darah. Selain itu, vitamin B yang terdapat pada cabai mampu mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

6. Menghilangkan Stress

Memang belum ada penelitian yang lebih lanjut mengenai hal ini. Namun menurut beberapa teman disekitar saya sendiri, sesaat setelah makan pedas dari cabai, mereka mengaku stressnya hilang. Entah ini memang berlaku untuk kebanyakan orang, atau memang hanya sebagian orang.

7. Membantu Proses Pencernaan. Saat dihancurkan di mulut, cabai akan meningkatkan produksi saliva. Cabai juga akan membantu mengosongkan lambung dan cepat menyingkirkan makanan dari dalam perut. Studi ilmiah menunjukkan saraf-saraf pada perut yang mengatur gerakan perut sensitif terhadap capcaisin.

8. Melegakan Hidung yang Tersumbat
Cabai membantu untuk merangsang sekresi yang membantu melegakan saluran hidung yang tersumbat. Selain itu, cabai juga mengandung sifat antibakteri yang membantu melawan infeksi sinus kronis.

9.Menurunkan Kadar Gula Darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan. Jumlah insulin yang diperlukan tubuh untuk menurunkan tingkat gula darah setelah makan berkurang 60 persen.

Selain itu, Cabai adalah pembangkit mood yang baik. Makan makanan pedas akan membantu tubuh melepaskan endorfin dalam tubuh. Hasilnya tubuh memperoleh efek suasana hati membaik. Tidak mengherankan, Sebagian orang bisa kecanduan cabai. Semoga bermanfaat indonewsers.

Baca Juga