9 Tips Sehat Dan Alami Menjaga Hormon Tetap Seimbang

Dec 12 2015 - 1:55am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antara sel-sel atau antara kelompok sel. Semua organisme multisel. Hormon beredar dalam sirkulasi darah dan menjual cairan untuk mencari sel target. Ketika hormon menemukan sel target, maka hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal. Jika hormon tidak seimbang maka akan menghasilkan efek negatif terhadap tubuh.

Tips Mengatasi Hormon Tidak Seimbang

Tindakan Yang Baik Dilakukan Dalam Menjaga Hormon Agar Tetap Seimbang

1. Mengurangi Tingkat Stres

Jika tingkat stres tubuh akan terjadi peningkatan denyut jantung dan adrenalin. Hal ini mengakibatkan hormon kortisol dikeluarkan oleh kelenjar adrenal menjadi berlebihan. untuk itu kurangi tingkat stres diri untuk tetap menjaga agar hormon tetap stabil.

2. Istirahat Cukup (Tidur)

Tidur adalah panggilan alam bagi tubuh. Tanpa tidur yang cukup, tubuh akan membuat banyak masalah terutama mengganggu berjalanya sistem endokrin. Semua ahli kesehatan menyarankan untuk tidur selama 7 sampai dengan 9 jam sehari.

3. Kurangi Minum Kopi

Kafein adalah hormon stimulan. Jadi, lebih baik mengurangi asupan kafein sebanyak mungkin untuk menjaga hormon tetap seimbang.

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur akan membantu tidur lebih baik di malam hari. Pastikan untuk selalu berolahraga agar tetap hormon seimbang.

5. Program Diet sehat

Ketika hormon mulai tidak seimbang maka salah satunya yang baik dilakukan adalah diet sehat. Hindari makanan yang dapat membangun hal negatif pada sistem endokrin.

Makanan Alami Untuk Menjaga Agar Hormon Tetap Seimbang

1. Sayuran

Sayuran merupak asupan nutrisi penting bagi tubuh. Jangan malas makan sayur apabiala ingin hormon lebih stabil, tidak mudah jerawatan, stres, dan haid tidak teratur.

2. Alpukat

Lemak baik dalam buah alpukat berperan untuk mengatasi hormon yang tidak seimbang. Jika tidak ada alpukat, dapat juga mengubahnya dengan makan buah pisang.

3. Konsumsi Air Putih

Air adalah cairan dengan banyak manfaat. Dengan tubuh pelembab, Anda dapat membantu tubuh untuk mengurangi tingkat stres. Oleh karena itu, rajinlah mengkonsumsi air mineral.

4. Ikan Mengandung Omega 6

Konsumsi makarel, kacang-kacangan dan makanan yang mengandung omega-6, yang sangat baik untuk menjaga stabilitas hormon tubuh. Oleh karena itu, kita perlu mengatur asupan makanan yang kita makan.

Muatau Artikel Kesehatan Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang Ehhhh Ternyata !! Ada 6 Khasiat Dan Manfaat Da

9 Tips Sehat Dan Alami Menjaga Hormon Tetap Seimbang Sudah Di Bahas Lengkap Di Atas Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Amin … 😀

Baca Juga