Anda Harus Tau Dong !!! Makan Sehat Pengganti Nasi Untuk Program Diet

Feb 26 2016 - 2:43pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Nasi merupakan sumber makanan pokok utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena nasi merupakan sumber energi yang utama. Akan tetapi tidak semua orang dapat menikmati nasi sebagai makanan utama karena mungkin sedang menjalankan program dietnya. Namun jangan khawatir karena masih banyak bahan makanan pokok pengganti nasi lainya. Simak di bawah ini merupakan jeniss makanan pengganti nasi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan Pengganti Nasi Putih

Makanan Pokok Pengganti Nasi

1. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Salahsatu bahan makanan pengganti nasi adalah ubi jalar karena dalam ubi jalar mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi serta di perlukan oleh tubuh. Apabila kita mengonsumsi ubi jalar, maka akan terhindar dari jenis penyakit mata dan sariawan. Ubi jalar juga kaya akan serat yang cukup tinggi sehingga dapat di jadikan sebagai bahan makanan pengganti nasi dan juga sebagai solusi untuk diet sehat.

2. Kentang

Kentang

Siapa yang tak kenal dengan bahan makanan yang satu ini. Ini cukup familier dan mudah di cari. Yaaaa Kentang namanya dai dalam kentang terdapat kandungan GI kentang yang lumayan tinggi, untuk itu sebaiknya dalam mengkonsumsi kentang haru dilah terlebih dahulu salah satunya dengan cara di kukus/rebus.

Di dalam kentang terdapat kalori yang lebih sedikit  di bandingkan dengan nasi, selain itu kentang mengandung cukup banyak nutrisi dan serat yang di butuhkan tubuh kita serta baik untuk pencernaan.

3. Jagung

Jagung

Jagung juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi karena rasa manis di dalam jagung berasal dari fruktosa, yaitu gula buah yang  baik dan aman dikonsumsi oleh tubuh, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit gula darah. Fruktosa sangat mudah keluar dari tubuh melalui urin sehingga gula tidak terserap kedalam tubuh.

Kandungan zat Glycemic Index jagung termasuk zat yang rendah antara 55-60. Selain terdapat kalori, saat kita mengkonsumsi jagung, tubuh kita akan mendapat umpan balik seperti : antioksidan, serat, serta mineral yang baik untuk tubuh.

4. Sukun

Sukun

Buah sukun meski di kenal tergolong dalam tanaman buah akan tetapai tanaman ini merupakan sumber karbohidrat cukup tinggi pengganti nasi. Dan jika dibandingkan dengan bahan makanan lainya seperti; ubi jalar dan kentang, buah sukun ini mempunyai kandungan karbohidrat dan proten yang lebih tinggi.

Buah sukun juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan GI yang rendah sehingga dapat bermanfaat untuk membantu dalam mengendalikan kadar gula darah  dalam tubuh serta baik untuk di jadikan pendukung program diet sehat.

5. Singkong

Singkong

Pada zaman dahulu sebelum masayarakat Negara Indonesia tau dan mengerti dalam menanam padi masyarakat ini menggunakan singkong untuk di konsumsi setiap hari untuk penggati nasi dan di jadikan berbagai olahan makanan. Singkong merupakan ubi kayu yang mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk pencernaan, Hal lain singkong di kenal sebagai sumber karbohidrat sehat dan baik untuk tubuh.

6. Talas

Talas

Tumbuhan talas terdapat kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Selain itu, serat dalamnya juga mampu memenuhi kebutuhan asupan serat harian kita. Selain itu, jika talas di konsumsi secara teratur juga dapat mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi.

7. Gembili

Gembili

Saat ini keberadaan tanaman ini sudah cukup langka karena haru di butuhkan ketrampilan khusus dalam mengolahnya, Jika salah dalam melakukan pengilahan untuk di makan maka akan menghasilkan rasa gatal di mulut. Penampilan buahnya mirip dengan talas, namun gembili sedikit lebih kecil, Di dalam gembili terdapat karbohidrat dan priten yang tinggi sehingga mudah dicerna tubuh.

8. Kembang Kol

Kembang Kol

Salah satu makanan pokok pengganti nasi yang sedang populer akhir-akhir ini. Kembang kol merupakan sumber protein yang jumlah lemak jenuhnya sangat rendah, serta terdapat kandungan asam omega-3 yang bermanfaat untuk tubuh.

9. Lobak Putih

Lobak Putih

Mungkin sebagian orang masih bingung dan belum mengerti tanaman jenis ini karena masih sangat jarang di budidayakan. Padahal tanaman ini juga dapat di jadikan sebagai makanan penggati nasi.

Nah … Bagaimana kawan jangan khawatir ya jika sedang bermusuhan dengan dengan nasi untuk keberhasilan program dietnya …. 😀 Masih ada jalan menuju roma kawan 😀

Anda Harus Tau Dong !!! Makan Sehat Pengganti Nasi Untuk Program Diet

Baca Juga