Anda Juga Perlu Tau !! Penyebab Kesemutan Sementara Dan Berkepanjangan

Mar 12 2016 - 1:27am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Sering merasa kesemutan ??? ­čśÇ Penyakit ini memang sudah sangat bermasyarakat dan sudah tidak asing lagi didengar di telinga kita. Perlu diketahui penyebab terjadinya kesemutan yang umum terjadi biasanya selepas melakukan aktifitas yang cukup berat atau mungkin setelah menjalani olahraga yang cukup ekstrim. Berikut ulasanya :

Penyebab Terjadinya Kesemutan

Anda Juga Perlu Tau !! Penyebab Kesemutan Sementara Dan Berkepanjangan

Elektrolit

Elektrolit merupakan zat dalam tubuh yang memegang peran penting terhadap kinerja otot dan saraf. Elektrolit meregulasi cairan dalam tubuh, ph level darah, tekanan darah, lalu juga membantu memperbaiki kerusakan jaringan. Kontraksi otot menginginkan elektrolit.

Jika terjadi ketidak seimbangan elektrolit maka dapat memicu terjadinya krom pada otot. Ketika sedang menjalani olahraga maka banyak cairan elektrolit yang keluar dari dalam tubuh bersamaan dengan keringat. Apabila terlalu banyak cairan elektrolit yang keluar maka tubuh akan mengalami krom otot dan juga kesemutan.

Zat Pembakar

Oksigen merupakan zat yang paling dibutuhkan untuk memecah cadangan gula dan lemak menjadi energi saat berolahraga. Saat paru-paru memberikan supali zat pembakar ke darah, jantung lalu pembuluh darah akan menyalurkannya ke organ-organ dan otot. Bila berolahraga dengan intensitas berat secara tiba-tiba dan tanpa melakukan pemanasan, Maka akan terjadi peningkatan kepentingan oksigen di otot secara mendadak.

Penyakit Tertentu

Kesemutan juga dapat dikarenakan oleh penyakit tertentu. Memiliki suatu kondisi yang dinamakan dengan peripheral neuropathy / terjadinya kerusakan ujung-ujung saraf. Kondisi ini biasanya berlangsung pada orang dengan diabetes. Peripheral neuropathy dapat mengakibatkan terjadinya kesemutan saat berolahraga.

Penyebab Kesemutan Sementara

Kesemutan sementara terjadi ketika anggota tubuh yang mendapatkan tekanan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf dalam daerah itu menjadi terhambat. Biasanya terjadinya kesemutan pada bagian kaki dan tangan.

Kesemutan yang bersifat sementara dengan sendirinya akan mereda dan di bantu dengan cara melancarkan peredaran darah di area yang sedang kesemutan. misal : meluruskan kaki setelah duduk bersila, Meluruskan tangan dan membebaskan tangan dari tekanan yang berat.

Kemungkinan yang lain penyebab kesemutan dapat terjadi karena dehidrasi yang cukup berat sehingga sudah terlalu banyaknya cairan yang keluar dari dalam tubuh bersama dengan keringat.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan

Kesemutan yang terjadi berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan, seperti akibat menderita penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis atau sklerosis ganda, ataupun CTS (carpal tunnel syndrome) atau sindrom lorong karpal, kompresi saraf ulnar.

Faktor yang lain yang menyebabkan kesemutan berkepanjangan adalah malanutrisi atau hal tubuh saat kekurangan nutrisi penting akibat pola makan yang buruk, kekurangan cobalamin, dan akibat mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Teknik Mengetahui Penyebab Pasti Kesemutan

Apabila merasakan hal yang cukup janggal atau kurang yakin segera di konsultasikan dengan dokter. Segenap tes mungkin akan dijalani, seperti tes darah, tes elektromiogram, pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, tes MRI, dan biopsi saraf.

Biasanya sebelum menjalani prosedur medis, dokter akan menanyakan gejala yang di alami dan riwayat kesehatan Anda, perihal lingkungan kerja, gaya hidup serta riwayat penyakit keluarga.

Lengkap sudah cerita hari ini ­čśÇ Bagaimana masih penasaran atau ingin mencobanya ?? ­čśÇ

Hahaha Sakit kok di coba ­čśÇ Penghargaan diri sendiri juga perlu kawan ­čśÇ Perlakukanlah diri kita seperti memperlakukan seorang pasangan yang perlu dimanja di perhatiin dan juga di sayangi ­čśÇ

Anda Juga Perlu Tau !! Penyebab Kesemutan Sementara Dan Berkepanjangan

Baca Juga