Begini !! Tips Sederhana Mencegah Kerusakan Sendi Saat Usia Lanjut

Mar 17 2016 - 8:20pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Sendi merupakan perhubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan dua tulang disebut persendian (artikulasi). Persendian sering mengalami masalah biasa ketika memasuki usia lanjut karena kerja sendi mulai menurun akibat dari kekurangan nutrisi dan juga kekurangan gerak sehat. Berikut ini adalah tips untuk menjaga persendian dalam keaadan sehat dan baik.

Begini !! Tips Sederhana Mencegah Kerusakan Sendi Saat Usia Lanjut

Begini !! Tips Sederhana Mencegah Kerusakan Sendi Saat Usia Lanjut

Jagalah Berat Badan Tetap Ideal

Jagalah berat badan great Anda tetap stabil. Pasalnya, sendi lutut, pinggul kemudian tulang belakang akan mempunyai beban tersendiri untuk menopang berat badan Anda. Andai berat badan turun you ons maka dapat memangkas beban sendi sebesar four ons pada lutut badan.

Lakukan Aktivitas Fisik Agar Sendi Tetap Sehat

Otot yang kuat akan membantu kondisi sendi yang sehat. Jika aktivitas fisik, misalnya olahraga, terus dilakukan alamenurut, teratur maka otot lalu ligamen yang kuat tetao terbentuk dengan baik hingga dapat membantu aktivitas badan dan meringankan kerja sendi. Semakin banyak bergerak, makin sedikit kekakuan pada sendi yang Anda rasakan.

  • Perbuat peregangan otot jika badan akan mulai berolahraga. Meskipun jenis olahraga yang ditunjuk adalah olahraga yang ringan, seperti berjalan, berenang, kemudian bersepeda, peregangan otot masih harus dilakukan.
  • Bila olahraga yang diperbuat menyebabkan nyeri pada wilayah sendi, ada baiknya Kita melakukan konsultasi ke terapis olahraga atau dokter. Tak usah terlalu memaksakan untuk berolahraga, karena kondisi tersebut bahkan akan mencederai sendi Kita.
  • Ketika melakukan aktivitas fisik/olahraga, jagalah bagian tubuh badan dengan alat pelindung sendiri, seperti bantalan siku, lutut ataupun lengan.

Hal ini dilakukan terutama saat Kamu melakukan aktivitas fisik/olahraga yang berisiko tinggi, seperti ice skating, bermain sepatu roda, ping-pong, golf. Selain itu, Kita juga harus menggunakan sepatu yang nyaman dan serasi dengan jenis aktivitas fisik/olahraga yang Anda lakukan.

Perhatikan Asupan Makanan Yang Anda Konsumsi

  • Konsumsilah menu yang bervarietas agar kecukupan nutrisi badan dapat terpenuhi.
  • Untuk mendukung menjaga kesehatan tulang, jagalah asupan sumber kalsium pada makanan yang dikonsumsi setiap hari.
  • Asupan sumber kalsium yang baik bagi tulang, misalnya susu, produk olahan susu, yoghurt, brokoli, kedelai, dan almond.

Tetapi, jika tidak menjumpai sumber kalsium yang lumayan dari makanan, memenuhi kebutuhan kalsium Kita dengan mengonsumsi suplemen kalsium secara teratur. Dengan mengontrol kesehatan tulang dengan benar, berarti kesehatan sendi Kita juga akan terjaga.

  • Mengurus kesehatan otot juga adalah suatu hal yang bernilai untuk dilakukan. Pasalnya, jika kesehatan otot Anda terfokus, berarti kesehatan sendi badan juga akan ikut terfokus.
  • Untuk menjaga kesehatan otot, membutuhkan asupan necessary protein yang cukup. Protein yang dibutuhkan tergantung dri usia, jenis kelamin serta seberapa aktif Anda pada beraktivitas. Sumber protein sanggup didapatkan dari daging, seafoods, dan kacang-kacangan.
  • Sumber makanan atau suplemen yang berisi vitamin A, B, C, D, E, K kemudian antioksidan juga diperlukan utk membantu menjaga kesehatan sendi.

Dengan menerapkan beberapa suggestions di atas … 😀 Maka saat sudah memasuki umur lanjut, sendi tetap sehat dan terbebas dari risiko kerusakan sendi yang dapat terjadi … 😀

Begini !! Tips Sederhana Mencegah Kerusakan Sendi Saat Usia Lanjut

Baca Juga