Belanja Online di Indonesia

Jan 17 2014 - 1:03am Indonews Coid

Belanja Online di Indonesia – Sepertinya dalam beberapa tahun belakangan di Indonesia sudah mulai terbentuk tradisi baru yaitu tradisi berbelanja online. Mungkin Karena didorong dengan faktor-faktor seputar perkembangan teknologi seperti Meluasnya jaringan internet di Indonesia dan melonjaknya pengguna internet mobile Yang memang sangat mudah digunakan dimana saja dan dimana saja.

Sepertinya Kedua hal ini memang menjadi pemicu utama dalam terbentuknya tradisi Baru ini. Selain praktis dan sangat mudah, berbelanja online sangat menyenangkan Karena Bisa dilakukan dimana saja, bahkan ketika sedang dikamar mandi :D.

Belanja Online di Indonesia

Belanja Online di Indonesia

Sekarang, Kalau saya mengajak teman untuk keluar membeli sesuatu seperti Perlengkapan dan aksesoris handphone atau komputer, Mereka pasti menjawab “Mending belanja online aja bro, ga kena macet. Dan saya sangat sering Mendapatkan jawaban seperti ini. Memang sih, Kegiatan belanja online ini sangat Gampang dan kita tidak perlu bermacet-macetan diluar sana. Selain itu karena Saat ini sudah banyak terdapat situs atau bahkan forum-forum jual – beli online, Kita jadi memiliki banyak pilihan.

Tapi sebelum berbelanja online ternyata banyak yang harius diperhatikan. Karena ada Sangat banyak situs ecommerce yang beredar dan mudahnya mendapatkan domain, Banyak orang melakukan tindak kejahatan dengan modus situs online. Kalau saya Pribadi, saya lebih prefer berbelanja online di situs dengan domain .co.id seperti Lamido.co.id contohnya.

Dengan domain ini berarti situs itu benar merupakan badan usaha yang sudah Terdaftar di pemerintahan. Tapi tidak semua domain yang .com atau lainnya itu Penipu, Tetapi kita juga harus cek track record dari situs-situs tersebut, Kalau Memang track recordnya buruk ya sebaiknya fikirkan lagi walaupun harga yang Ditawarkan memang murah.

Selain itu kita juga harus melihat sistem transaksinya, Kalau dengar cerita-cerita dari Teman sih kalau situsnya sudaha ada rekber atau rekening bersama itu sudah aman. Tapi kalau saya pribadi tetap was-was walaupun pakai rekber.  Tapi beberapa situs Online seperti Lamido Marketplace memiliki beberapa sistem transaksi. Jadi kalau Mau langsung ketemu penjual bisa, kalau mau langsung transfer ke penjual bisa juga, Atau mau pakai rekber juga bisa, Tergantung pilihan kita sendiri.

Terkadang kalau situs belanja online-nya hanya menawarkan satu jenis transaksi Sepertinya terasa kurang fleksibel karena setiap orang kan pemikirannya berbeda.

Sebetulnya tradisi online shopping ini ada baik dan buruknya, Baiknya adalah kita Tidak perlu meninggalkan tempat duduk ketika berbelanja atau memilih-milih barang Dan membandingkan harga. Nah buruknya adalah pengeluaran menjadi boros. Kenapa boros ? Ya karena kita tinggal klak-klik-klak-klik saja kalau mau belanja, Jadi Lupa isi dompet hehe.

Jadi ya kalau mau belanja online lebih baik tanya teman yang punya pengalaman Belanja di situs tertentu dan minta rekomendasi situs yang bebas penipuan, selain itu Harga yang terlalu murah juga patut diwaspadai.

Baca Juga