Beragam Manfaat Jengkol Dan Dampak Negatifnya

Mar 7 2015 - 7:20pm admin indonews3

Beragam Manfaat Jengkol Dan Dampak Negatifnya – Anda mungkin tak percaya jika jengkol memiliki banyak sekali manfaat, ya begitu juga dengan saya sendiri. Buah yang akrab dengan aroma khasnya ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang memiliki manfaat besar bagi tubuh kita.

Buah jengkol atau buah jering memiliki nama latin “Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum” yang merupakan tumbuhan khas dari wilayah Asia Tenggara.

Hampir semua kita tahu bahwa jengkol adalah makanan yang terkenal akan baunya. Sebagian orang sangat membenci makanan tersebut namun tidak sedikit pula yang tergila-giila mengkonsumsi makanan yang memiliki bau yang kurang sedap tersebut.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Buah Jengkol

Dibalik akan baunya yang kurang sedap, jengkol juga memiliki beberapa Manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan mineral cukup banyak seperti karbohidrat, zat besi, protein, fosfor dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan C sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah Manfaat jengkol bagi Kesehatan :

1. Penyembuhan Luka

Kandungan protein dalam makanan jengkol cukup banyak bahkan lebih banyak dari makanan lain seperti kedelai dan kacang hijau. Dalam 100 gram jengkol mengandung sekitar 23,3 gram protein. Protein sangat berguna bagi tubuh untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

2. Stamina

Selain protein, jengkol juga mengandung zat besi yang berguna untuk mengangkat oksigen ke dalam tubuh. Bayangkan jika zat besi dalam tubuh berkurang yang mengakibatkan asupan oksigen pun berkurang. Tubuh akan lemas dan loyo. Dalam 100 gram jengkol mengandung 4,7 gram zat besi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Fosfor juga mineral lain yang terkandung dalam jengkol, dalam satu buah jengkol berukuran 100 gram mengandung sekitar 166,7m fosfor. Fosfor berguna bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi seperti layaknya kalsium.

4. Menjaga Tulang dari Pengeroposan

Kadar kalsium dalam jengkol adalah 140mg/100g bahan. Kalsium akan menjaga tulang anda dari pengeroposan. Makanan ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.

5. Anti Oksidan dan Radikal Bebas

Jengkol juga mengandung beberapa vitamin yang baik untuk tubuh, diantaranya vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol sekitar 658mg/100 gram yang berguna untuk kesehatan mata. Selain itu juga ada vitamin B1 yang berfungsi untuk kepekaan saraf dan B2 untuk membantu penyerapan protein. Jengkol juga mengandung 80mg vitamin C tiap 100 gramnya. Vitamin C sangat berguna bagi tubuh sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

6. Untuk Ibu Hamil

Sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin. Kandungan kalsium yang terdapat pada jengkol memang cukup tinggi. Asupan Kalsium sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang, termasuk tulang pada janin. Selain kalsium, kandungan serat pada jengkol juga sangat tinggi.

7. Mencegah Anemia

Selain protein, jengkol mengandung zat besi yang dapat membawa oksigen ke tubuh. Jika kekurangan zat besi, maka asupan oksigen berkurang dalam tubuh Anda juga akan berkurang. dan tubuh Anda secara otomatis akan lemas dan loyo.

Dampak Negatif Jika Mengkonsumsi Jengkol Yang Berlebihan

1. Bau Yang Menyengat 

Asam amino yang didominasi mengandung unsur Sulfur (S). Ketika terdegradasi menjadi komponen yang lebih kecil, maka asam amino akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang sangat bau, karena pengaruh sulfur tersebut. unsur tersebut adalah gas H2S yang terkenal sangat bau.

2. Asam Jengkolat

Asam jengkolat adalah salah satu komponen yang terdapat dalam biji jengkol. Strukturnya sama dengan asam amino, tetapi tidak dapat dicerna. Bahkan di berbagai buku kimia pangan, asam jengkolat dianggap sebagai salah satu racun yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

3. Susah Buang Air Kecil 

Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi jengkol yang berlebih maka akan memberi efek negatif pada saat buang air kecil dan memberi rasa sakit (jengkolan).

Demikian Ulasan Tentang Beragam Manfaat Jengkol Dan Dampak Negatifnya Semoga dapat bermanfaat dan cukup membantu sahabat IndoNewsers 😀 Amin… 🙂

Baca Juga