Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

Aug 4 2013 - 7:35pm admin indonews2

Saat ini harga laptop semakin mudah di capai oleh pembeli. Hal tersebut di karenakan semakin banyak vendor-vendor pabrikan laptop ikut bersaing dalam penjualan laptop. Maka tak heran jika saat ini laptop bisa didapatkan dengan harga kisaran 1,5 jutaan.

Cara Merawat Laptop

Walaupun laptop saat ini sudah bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah, namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar. Mungkin beberapa dari kalian hanya asal pakai, dan kurang merawatnya. Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa anda gunakan, agar laptop anda bisa awet untuk digunakan.

1. Jangan Letakan di Tempat Empuk
Seringkali kita menggunakan laptop di atas kasur tanpa mengetahui kalau hal tersebut dapat merusak laptop kita. Hal tersebut di karenakan saat berada di tempat empuk sirkulasi udara pada laptop akan tertutup yang menyebabkan laptop menjadi terlalu panas

2. Jangan Pindahkan Laptop Dalam Keadaan Aktif
pada saat laptop dalam keadaan aktif maka piringan hardisk pada laptop akan berputaar. Jika laptop diangkat maka piringan hardisk tersebut akan menabrak cylinder sehingga membuat hardisk cepat rusak. Jika hardisk laptop anda sampai rusak anda perlu mengeluarkan uang hingga Rp 700 ribu sehingga hal ini harus anda hindari.

3. Jangan Sampai Baterai Habis
Jika anda menggunakan laptop hingga baterainya habis hal tersebut dapat mengakibatkan baterai menjadi cepat ngedrop. Di sarankan untuk tidak menggunakan laptop saat baterai laptop sudah di bawah 10%. Selain membuat baterai menjadi lebih cepat hal tersebut juga dapat membuat software laptop anda rusak..

4. Selalu Gunakan Charger Original
Untuk merawat baterai ada baiknya anda menggunakan charger original. Hal tersebut di karenakan pabrikan laptop sudah mendesain produknya untuk berpasangan dengan chargernya, penggunaan charger yang non original dapat mengakibatkan baterai menjadi cepat rusak.

5. Tutup Laptop Ketika Tidak Sedang Digunakan
Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang rentan terhadap debu. Untuk mengatasi hal tersebut usahakan tutup laptop anda saat anda tidak menggunakannya. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada debu atau kotoran yang masuk kedalam laptom melalui sela-sela pada keyboard.

6. Jangan Bawa Laptop Dalam Tas yang Penuh
Hal ini di lakukan untuk menjaga kondisi LCD laptop anda. Karena pada saat berdesakan dengan benda lain di dalam tas maka hal tersebut dapat mengakibatkan LCD laptop anda menjadi pecah.

Baca Juga