Inilah 8 Ciri Dan Gejala Orang Terserang Penyakit Asma Dan Cara Mencegahnya

Dec 18 2015 - 11:30pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Asma adalah peradangan kronis dari saluran pernapasan yang mengarah ke paru-paru (bronkus). Jika memiliki asma, saluran pernapasan ekstra-sensitif. Saluran napas ekstra-sensitif itu dapat meradang, bengkak dan berlendir bila dipicu oleh kondisi tertentu. Asma awalnya diduga disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Diagnosis biasanya didasarkan terhadap pola dan gejala, respon terhadap terapi pada waktu tertentu, dan spirometri.

Ciri - ciri orang terserang penyakit asma

Asma secara klinis diklasifikasikan berdasarkan seberapa sering terjadinya gejala muncul, volume ekspirasi paksa dalam satu detik (FEV1), dan laju aliran ekspirasi puncak. Asma dapat diklasifikasikan sebagai atopik (ekstrinsik) atau non-atopik (intrinsik) yang predisposisi dikaitkan dengan perkembangan reaksi hipersensitivitas tipe 1.

Inilah 8 Ciri Dan Gejala Orang Terserang Penyakit Asma Dan Cara Mencegahnya

Cepat Lelah

Kondisi aktual kelelahan adalah kondisi umum di mana seseorang menderita penyakit tertentu termasuk asma. jika kadar oksigen di dalam tubuh bisa saja berkurang karena kemungkinan kegagalan pernapasan.

Benafas Sulit

Gejala serangan asma berikutnya ditemukan sulit ketika bernapas. jika seseorang dalam melaksanakan kegiatan atau tiba-tiba merasa sulit bernapas mungkin menunjukkan bahwa seseorang mengindap penyakit asma. segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan.

Nyeri di dada

Nyeri di daerah dada dapat merupakan salah satu gejala utama asma. biasanya perasaan tekanan dan perasaan berat di dada. jika hal ini terjadi segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

Iritasi Pada Tenggorokan

Kasus yang sering terjadi bahwa jika seseorang mengalami iritasi tenggorokan merupakan ciri dari gejala asma. iritasi tenggorokan disebabkan oleh tersumbat saluran lendir pernapasan.

Disipasi Suara

Gejala asma pada tahap yang lebih parah adalah kehilangan suara. Hal ini disebabkan karena batuk terus menerus sehingga dalam jangka waktu tertentu penderita asma bisa kehilangan suaranya. Dan jika pembicaraan dengan suara yang normal akan terdengar serak orang itu.

Batuk Terus-menerus

Gejala asma batuk kemudian terus mengakibatkan menjadi sesak napas. meskipun banyak orang yang tidak tahu, tapi gejala ini mungkin perlu diwaspadai karena merupakan salah satu ciri utama asma seseorang.

Bibir Dan Kuku Membiru

Pada tahap berbahaya jika seseorang dengan asma bibir dan kuku membiru, jika gejala ini muncul harus segera mencari bantuan dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Mengi

Jika tidak ada suara saat bernapas rnaka disebut dengan mengi. Karakteristik awal yang biasanya muncul pada pasien dengan asma mengi. Jika gejala ini muncul segera hubungi dokter.

Sering Merasa Panik Dan Cemas

Jika seseorang sering merasa panik dan kecemasan pada masalah kecil, ini juga merupakan salah satu ciri utama asma. Tentu saja, gejala-gejala ini dapat dihindari dengan cara tetap tenang dan berkonsultasi dengan dokter.

Pencegahan

Efektivitas langkah-langkah pencegahan asma tidak memiliki bukti yang kuat. Ada beberapa yang cukup kuat antara lain :

  • Keterbatasan paparan merokok baik pada saat di dalam kandungan dan setelah lahir, menyusui, dan peningkatan paparan penitipan anak atau keluarga besar.
  • Namun, kedua langkah ini tidak didukung oleh bukti yang cukup untuk direkomendasikan penyakit ini indikasi.
  • Paparan hewan peliharaan di usia dini juga dapat bermanfaat.
  • Namun, pengamatan paparan hewan peliharaan dalam keadaan yang berbeda tidak memberikan hasil yang meyakinkan dan rekomendasi yang diberikan hanya memindahkan hewan peliharaan dari pasien rumah yang memiliki gejala alergi terhadap hewan peliharaan ini.
  • Asupan pembatasan selama kehamilan atau saat menyusui tidak pernah terbukti efektif sehingga tidak dianjurkan.
  • Pengurangan atau penghapusan senyawa tertentu yang dikenal dari pekerjaan pada orang yang sensitif dapat memberikan hasil yang efektif.

Ketahui Artikel Penting Kesehatan Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang Ciri – Ciri Dan Gejala Orang Terserang Penyakit Asma Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn . . . 😀

Baca Juga