8 Ciri Tanda Dan Gejala Penyakit Liver

Aug 14 2015 - 8:20pm admin indonews2

8 Ciri Tanda Dan Gejala Penyakit Liver

– Hati sangat berperan besar dalam hidup manusia. Jika hati sehat maka seluruh tubuh akan sehat. Begitupun sebaliknya. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan fungsi utama hati adalah menetralisir racun yang masuk dalam tubuh. Entah yang berasal dari dalam maupun luar tubuh. Untuk itu kita wajib menjaga kesehatan hati. Jika hati tidak sehat maka racun-racun tersebut tidak ada yang menetralisir dan bisa menyerang organ tubuh lainnya.

Pencegahan Liver

Begitu besar fungsi tubuh bagi kesehatan kita. Namun keadaan hati tak selalu berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan hati hanya dapat menetralisir racun dalam jumlah yang terbatas. Namun jika racun yang masuk ke dalam tubuh melebihi batas kemampuan hati maka hati bisa rusak. Hingga akhirnya menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit liver.

Untuk itu mari kita kenal penyebab penyakit liver agar kita bisa menjaga kesehatan hati dan melakukan langkah pencegahan.

1. Adanya kelainan hati yang merupakan bawaan sejak lahir
2. Adanya gangguan dalam kelainan pada proses metabolisme
3. Infeksi virus atau bakteri
4. Obat-obat tertentu yang merupakan racun bagi hati
5. Kekurangan gizi atau nutrisi
6. Terinfeksi racun
7. Ketergantungan zat adiktif dan alkohol
8. Kecanduan dan kebiasaan merokok

Itulah beberapa penyebab penyakit liver. Salah satu langkah pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan memakan makanan yang sehat agar racun yang berasal dari luar tubuh dapat dinetralisir. Yang perlu diperhatikan adalah mengatur tenggang waktu dalam mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia. Contohnya mie instan. Kita tahu bahwa mie instan merupakan makanan favorit seluruh kalangan. Untuk itu buatlah jadwal dalam mengonsumsi mie instan atau makanan cepat saji maksimal satu dali dalam seminggu.

Selebihnya untuk mencegah poenyakit liver adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), konsumsi obat sesuai jenis penyakit dan kadar dosis, tidak merokok dan minum beralkohol. Mari hidup sehat dan mencegah datangnya penyakit liver.

Semoga Artikel 8 Ciri Tanda Dan Gejala Penyakit Liver Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga