Hati-hati! Berikut Nama yang Tidak Boleh Digunakan untuk Bayi Anda

Apr 13 2016 - 5:55am Indonews Coid

Hati-hati! Berikut Nama yang Tidak Boleh Digunakan untuk Bayi Anda

 

Sekarang ini sebagian besar orangtua tidak hanya memilih nama bayi untuk doa ataupun harapan, ada juga yang memilih nama agar terdengar ‘catchy’. Tak pelak nama-nama unik pun bermunculan. Selain itu, ada juga yang memilih nama berdasarkan nama selebritis atau grup-grup terkenal. Namun, tahukah Anda bahwa ada nama yang tidak boleh digunakan. Bukan tanpa alasan mengapa nama ini tidak boleh digunakan. Ya, ada beberapa kejadian sebagai buktinya.

nama bayi

Oiya, bagi para ibu yang akan melahirkan beberapa waktu ke depan, jangan lupa pastikan Anda sudah punya BPJS Kesehatan ya. Dengan begitu, proses persalinan bisa lebih berjalan lancar. Anda tidak begitu dikhawatirkan mengenai biaya nantinya, tentu dengan standar pelayanan yang tidak kalah pula.


Berikut Nama yang Tidak Boleh Digunakan

  1. Anal

Di Selandia Baru, ada orangtua yang memilihkan nama ‘Anal’ bagi anak mereka yang lahir beberapa tahun silam yakni, 2013. Nama tersebut sendiri terdengar janggal dan kurang sopan. Pemerintah setempat pun tak pelak menolak pengajuan akte kelahiran anak tersebut. Pemerintah Selandia Baru pun memasukkan nama tersebut dalam daftar nama yang dilarang.

  1. Osama bin Laden

Peristiwa 11 September di tahun 2001 ternyata membekas bagi sepasang suami istri Turki yang tinggal di Jerman. Mereka ingin memberi penghormatan bagi Osama bin Laden, sang pimpinan Al-Qaeda. Akhirnya mereka menggunakan nama tersebut untuk bayi mereka. Tetapi, otoritas setempat melarang nama tersebut karena dianggap bisa menimbulkan ejekan.

  1. Nutella

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Nutella. Ya, Nutella merupakan pasta cokelat yang digunakan sebagai olesan roti yang sangat terkenal di berbagai negara. Ternyata ada orangtua yang menggunakan nama tersebut untuk bayi mereka dengan alasan agar putri mereka bisa jadi anak manis dan terkenal seperti cokelat Nutella. Ada-ada saja ya. Tapi sayangnya, otoritas setempat malah menertawakan pilihan tersebut dan menolak pengajuan tersebut dengan alasan akan dapat menimbulkan ejekan pada si anak kelak.

  1. Metallica

Orangtua di Swedia, karena saking menggemari grup musik rock legendaris Metallica, memilih menggunakan nama tersebut pada putrinya. Metallica sendiri adalah salah satu grup rock yang paling banyak penggemarnya. Tetapi, pemerintah setempat di Swedia menolak pengajuan nama tersebut dan memaksa orangtua tersebut untuk menggunakan nama lain.

  1. Monkey

Kalau Anda tidak pernah memberikan nama bayi Anda kelak dengan nama-nama hewa, masih ada saja orangtua lain yang terpikir seperti itu. Di Denmark terdapat peraturan orangtua harus memilih nama untuk bayi mereka dari daftar nama yang sudah disetujui oleh pemerintah. Tetapi, Monkey tidak termasuk dalam daftar. Kemudian nama tersebut akhirnya masuk dalam daftar nama yang ditolak. Tahukah Anda bahwa ada sekitar 250 pilihan nama yang ditolak oleh negara tersebut. Wah, susah juga ya!


Yang pasti pemilihan nama tidak sesulit untuk mendaftarkan anak Anda ke BPJS kok. Hehe. Sejauh ini di Indonesia juga terdapat beberapa nama yang cukup aneh. Sebut saja beberapa waktu lalu, santer nama ‘Tuhan’, ‘Syaiton’ dan bahkan ada nama ‘D’ di media sosial. Memang orangtua punya hak untuk memilihkan nama untuk anak-anak mereka. Namun, sebagai orangtua, kita pun perlu memikirkan bagaimana perasaan anak kelak di masa depan mengenai namanya dan juga pandangan masyarakat.

Jadi, sudah memilihkan nama untuk calon bayi Anda? Pastikan nama tersebut bukan nama yang tidak boleh digunakan ya.

Baca Juga