Ini Dia 11 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Anda

Feb 17 2015 - 1:30am admin indonews2

Ini Dia 11 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Anda – Kacang tanah mungkin semuanya sudah tahu salah satu makanan ini. Terkadang kacang tanah juga diidentikkan dengan jerawat. Pasalnya beredar beberapa mitos yang menyebutkan jika seseorang yang mengonsumsi kacang tanah terlalu berlebihan, akan mengalami banyak jerawat. Namun hal tersebut sendiri masih belum ada penelitian lebih lanjut.

Kacang tanah sendiri di Indonesia memiliki beberapa olahan seperti kacang kulit, kacang sangrai, kacang telur, kacang sanghai, dan berbagai olahan lainnya. Selain isi kacang, bagian lain dari kacang juga dapat dimanfaatkan seperti tangkai dan daunnya yang digunakan sebagai pakan ternak.

Manfaat Kacang Tanah

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis kacang yang beredar. Biasanya tergantung dari daerah masing-masing. Kacang sendiri pada dasarnya memiliki beberapa kandungan seperti lemak dan juga protein. Nah, menurut sebagian orang kacang tanah merupakan biang keladi jerawat, namun kacang tanah juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Beberapa diantaranya bisa anda simak dibawah ini.

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi kacang secara teratur, dapat menurunkan resiko terkena penyakit serangan jantung. Kacang diteliti memiliki kandungan lemak tak jenuh dan juga antioksidan asam oleat yang dapat menurunkan resiko tersebut.

2. Untuk Mengatur Gula Darah

Kacang tanah diketahui memiliki manfaat untuk mengatur gula darah dengan cara berperan dalam metabolisme karbohidrat dan juga lemak, penyerapan kalsium, dan pengendalian glukosa dalam darah.

3. Mengontrol Kadar Kolestrol

Selain mengontrol gula darah, kacang tanah juga bermanfaat untuk mengondorl kadar kolestrol dalam darah. Pasalnya dalam kacang tanah terdapat tembaga yang bermanfaat sebagai penghilang kolestrol jahat dan juga meningkatkan kolestrol baik dalam tubuh.

4. Mengurangi Depresi

Dalam kancungan kacang tanah juga terdapat tryptophan, yaitu sebuah asam amino esensial yang penting dalam berperan untuk produksi serotonin. Serotonin sendiri merupakan bahan kimia yang terlibat dalam pengendalian suasana hati atau yang bisa dibilang mood.

5. Melancarkan Pencernaan

Selain mengandung vitamin, protein, dan juga kandungan lain, kacang tanah juga mengandung serat yang cukup banyak. Sehingga kacang tanah bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh anda. Selain itu, kacang tanah juga diketahui dapat menurunkan resiko terkena kanker usus.

6. Mencegah kanker

Kacang tanah mengandung banyak asam p-coumaric yang membantu menurunkan risiko kanker perut. Kacang juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar pada wanita hingga 40 persen.

7. Mencegah batu ginjal

Kacang tanah dalam bentuk alami atau selai kacang bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, kacang tanah juga mencegah pembentukan berbagai macam batu dalam tubuh serta infeksi lever hingga 50 persen.

8. Menajamkan daya ingat

Selain makanan untuk Anda, kacang tanah juga bisa jadi asupan yang bagus untuk otak, lho. Kandungan vitamin B3 yang terkandung dalam kacang tanah dapat meningkatkan fungsi otak dan menajamkan daya ingat.

9. Memberikan nutrisi seimbang

Makan kacang tanah sama saja dengan melengkapi tubuh dengan satu paket nutrisi seimbang yang baik bagi tubuh. Komponen bioaktif yang ada pada kacang tanah dapat berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah datangnya penyakit.

10. Menurunkan berat badan

Coba deh perhatikan, teman Anda yang sering memakan kacang tanah pasti memiliki badan yang ramping. Meski mereka banyak makan, kacang tanah yang mereka konsumsi dapat membantu menyerap kalori berlebih dalam tubuh.

11. Sumber energi

Ketika Anda merasa lelah atau tak berenergi, sangat baik mengonsumsi kacang tanah bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Kacang tanah mengandung antioksidan dan mineral yang bisa menjadi energi instan untuk tubuh. Kacang tanah juga membantu menurunkan berat badan karena tak banyak mengandung karbohidrat dan lemak, namun cukup mengenyangkan.

Demikian SajianĀ Tentang Ini Dia 11 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Anda Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers šŸ˜€

Baca Juga