Inilah 10 Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan

Feb 8 2015 - 3:50pm admin indonews3

Inilah 10 Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan – Sekilas mungkin para pembaca berfikir bahwa akar wangi memiliki akar dengan aroma yang khas yaitu wangi. Akar Wangi sudah sejak dahulu dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, makanya akar wangi juga sering digunakan sebagai salah satu obat tradisional oleh orang-orang dahulu.

Akar wangi atau dalam bahasa ilmiah bernama “Vetiveria zizanioide”, merupakan tanaman yang menyerupai tanaman padi namun dengan duri duri tipis disekitar daun dan batang. Akar wangi merupakan tanaman rumput yang tumbuh tegak hingga dapat mencapai tinggi 1 hingga 2,5 meter.  Apa saja khasiat dari tanaman berdaun tunggal ini ?

Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan

Akar Wangi

Tak hanya akar namun semua komponen dari tumbuhan ini memiliki khasiat tersendiri dari mulai daun, batang dan akar, berikut beberapa manfaat akar wangi secara umum.

Tak hanya digunakan dalam kesehatan saja, namun tanaman ini juga dapat diolah sebagai bahan yang dapat mendatangkan nilai ekonomis tinggi. Batang akar wangi dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Daun,Batang, dan akar dapat diolah menjadi minyak.minyak akar wangi ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, kosmetik, dan sabun.Pada jaman dahulu, Akar wangi yang sudah kering digunakan sebagai pewangi pakaian terutama batik dan benda-benda pusaka seperti keris. Aroma harum akar wangi ini dihasilkan dari minyak asitri yang terkandung dalam tanaman ini.

Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan

  • Menghilangkan bau mulut dan mengobati sakit gigi.
  • Mengobati rematik, pegal linu, dan encok.
  • Mengobati luka.
  • Mengobati luka bekas gigitan ular, tawon, dan kalajengking

Akar Wangi Untuk menghilangkan bau mulut

Siapkan akar wangi beberapa potong, daun sirih 2 lembar, pegagan 1 genggam, buah kapulaga 6 butir air 110 ml. Buatlah infus dan gunakan untuk berkumur, lakukan 2 kali sehari, setiap kumur 100 ml, bisa juga diencerkan dengan air hangat sebagian untuk ditelan.

Akar Wangi Untuk menghilangkan rasa nyeri dari rematik

Ambil akar wangi secukupnya, lalu gosokkan pada bagian yang sakit, dan tunggu beberapa saat, setelah itu neyeri akan hilang.

Selain Untuk kesehatan akar wangi juga bermanfaat untuk :

  • Menanggulangi erosi pada tanah daerah rawan longsor.
  • Akar wangi juga dapat digunakan untuk mengusir serangga .bahkan ramuan akar wangi dapat digunakan sebagai obat kumur serta obat gosok.
  • Untuk Bahan Dasar Minyak Wangi (parfum)

Demikian Ulasan Tentang Inilah 10 Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga