Inilah 1000 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Feb 11 2015 - 9:39pm admin indonews2

Inilah 1000 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan – Buah Apel merupakan salah satu buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa jenis buah apel yang dikenal di Indonesia karena keberagaman tanah dan juga iklim di Indonesia. Beberapa jenis buah apel yang beredar di Indonesia antara lain adalah Apel malang, apel merah, apel fuji, apel hijau, dan beberapa jenis buah apel yang lainnya.

Dibalik rasa enaknya buah apel, ternyata terdapat beberapa manfaat yang bisa kita ambil. Sudah terdapat juga beberapa penelitian yang menyebutkan buah apel sangat baik untuk kesehatan. Nah, apa saja sih manfaat buah apel yang sebenarnya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Manfaat Apel

Buah apel sebelumnya sudah dikenal lama oleh bangsa Asia dan juga telah dimanfaatkan untuk kesehatan. Namun dulu hanya di panen pada satu musim saja, yaitu pada musim gugur. Tetapi saat ini apel sudah bisa ditemukan di beberapa musim karena telah dikembangkan. Ada beberapa manfaat buah apel yang sangat berkhasiat, salah satunya adalah untuk mencegah resiko kanker.

Berikut Adalah Manfaat Buah Apel :

1. Mencegah Kanker

Ada beberapa kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah apel secara teratur, beberapa diantaranya adalah kanker usus, kanker payudara, kanker hati, dan juga kanker paru-paru. Nah, bagi anda yang sering mengonsumsi apel, berarti anda cukup beruntung, pasalnya dapat meminimalisir terkena penyakit kanker.

2. Melancarkan Pencernaan

Diketahui buah apel mengandung serat yang tinggi pada buahnya. Maka tak heran jika apel sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan anda. Dengan lancarnya pencernaan, ini juga meminimalisir terkena kanker usus.

3. Mendukung Program Diet

Jika anda saat ini pada masa program diet, anda juga dapat memanfaatkan buah apel yang memiliki serat tinggi. Dengna memiliki serat yang tinggi, buah apel akan memberikan rasa kenyang saat anda setelah memakannya. Sehingga akan mengurangi nafsu makan anda.

4. Menyegarkan dan Membersihkan Mulut

Tanin merupakan salah satu zat yang dapat memberihkan dan juga menyegarkan mulut. Nah, pada buah apel ini terdapat zat tersebut yang bermanfaat bagi anda. Selain menyegarkan mulut, manfaat apel juga bermanfat untuk menjaga kesehatan gigi dan juga gusi.

5. Merawat Jantung

Serat apel yang terdapat pada buah apel ternyata juga bermanfaat untuk menghindarkan penyakit jantung. Nah, dengan begitu anda dapat mengonsumsi buah apel secara rutin untuk menguatkan jantung dan menghindari penyakit jantung.

6. Menjaga kesehatan gigi

Dengan mengkonsumsi secara rutin, buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

7. Mencegah dehidrasi

Buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

8. Menangkal radikal bebas

Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

9. Mencegah diare dan sembelit

Manfaat buah apel juga dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada apel yang tinggi mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

10. Mencegah diabetes

Hal Ini dikarenakan, kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Untuk itulah disarankan, untuk mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir, sebelum Anda makan buah apel beserta kulitnya.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan pada buah apel yang bernama quercetin dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.

12. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam hal ini apel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16%.

Baca Juga