Jadi Begini !! Cara Mengobati Dan Mencegah Penyakit Cikungunya Secara Alami

Apr 18 2016 - 6:20pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Chikungunya adalah sejenis virus, yaitu alphavirus dan ditularkan lewat nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk yang sama juga menularkan penyakit demam berdarah dengue. Meski masih “bersaudara” dengan demam berdarah, penyakit ini tidak mematikan. Penyakit chikungunya di akibatkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit chikungunya disebabkan oleh sejenis virus yang disebut virus chikungunya. Virus ini masuk keluarga Togaviridae, genus alphavirus.

Jadi Begini !! Cara Mengobati Dan Mencegah Penyakit Cikungunya Secara Alami

Cara Menghindari Gigitan Nyamuk Aedes aegypti

  • Gunakan pakaian tertutup atau lotion anti nyamuk jika sedang berada di area dengan potensi banyak nyamuk seperti di kebun atau pasar tradisional.
  • Sebaiknya kenakan pakaian dengan warna cerah. Nyamuk lebih enggan menempel pada warna ini.
  • Gunakan penyemprot atau obat anti-nyamuk elektrik di petang hari.
  • Namun hindari obat semprot jika ada bayi atau orang lanjut usia.
  • Dalam jangka panjang, gunakan obat nyamuk berbeda. Nyamuk lama kelamaan akan menjadi kebal terhadap satu jenis obat semprot
  • Minimalkan bau menyengat seperti parfum atau hairspray.
  • Tempatkan tanaman lavender yang secara alami membuat nyamuk enggan bertahan dalam ruangan.
  • Pengasapan untuk membunuh nyamuk umumnya dilakukan terutama jika chikungunya atau demam berdarah sudah mewabah di suatu daerah.
  • Pastikan pengasapan yang dilakukan di rumah atau tempat kerja yang sudah dijalankan dengan prosedur yang tepat sesuai dengan daur hidup nyamuk.

Cara Mengobati Cikungunya Dengan Cara Alamai

Jintan Hitam

Jintan hitam dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka dengan kondisi kekebalan tubuh yang kuat memiliki manfaat untuk mencegah persebaran virus chikungunya di dalam tubuh dan membuat proses penyembuhan pun lebih cepat.

Jahe Merah

Beberapa fakta menunjukan dalam jahe merah terdapat kandungan flavonoid tinggi sebagai antioksidan dengan beberapa antibiotik alami yang sekaligus juga efektif membentuk antibodi alami.

Terdapat pula zingiberen dan beberapa senyawa lain yang membantu meredakan efek inflamasi pada persendian sekaligus meredakan nyeri. Kandungan Lemonin dan Kamfena juga membantu meredakan demam dan rasa mual serta sakit kepala.

Buah Noni

Beberapa fakta menunjukan bagaimana xeronine, senyawa terpenting dalam buah Noni juga memiliki sifat antioksidan yang mampu memicu peningkatan kualitas antibodi.

Keberadaan tokoferol serta scolopetin juga membantu memperbaiki peradangan sekaligus memperbaiki kerusakan sel yang terjadi akibat peradangan sendi.

Air Kelapa

Sebuah penelitian di India menunjukan tingginya kadar elektrolit dalam air kelapa murni sangat baik berperan dalam mengatasi Chikungunya.

Elektrolit membantu meringankan peradangan sendi dan meringankan rasa mual serta demam. Air kelapa mengandung zat atau senyawa yang mambantu tubuh membangun antibodi dengan lebih baik.

Daun Binahong

Dalam daun binahong terdapat beberapa jenis senyawa alami yang bersifat sebagai antioksidan seperti saponin, tokoferol, dan poliferol.

Juga terdapat kandungan antibiotik alami yang akan membangun antibodi dalam tubuh. Di dalam daun binahong juga megandung senyawa asam askorbat dan asam oleanolik yang membantu meredakan radang sendi dengan sangat efektif.

Nah kurang lebihnya begitu sobat untuk mengatasi penyakit cikungunya … 😀

Semoga bermanfaat ya …. 😀 Amin … ^_^

Jadi Begini !! Cara Mengobati Dan Mencegah Penyakit Cikungunya Secara Alami

Baca Juga