Kasur Bayi Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur Bayi

Feb 10 2016 - 7:36pm Indonews Coid

Kasur Bayi Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur Bayi

 

Bayi adalah tingkatan manusia yang paling rendah. Di usia bayi inilah pertumbuhan dan perkembangan manusia akan bertambah dengan pesat. Salah satu cara bayi untuk meningkatkan tumbuh kembangnya adalah dengan tidur. Melalui tidur pertumbuhan badannya menjadi lebih pesat. Sedangkan saat tidur perkembangan otak bayi akan lebih maksimal. Perkembangan otak ini bisa mempengaruhi kecerdasannya di masa mendatang. Untuk itulah agar kualitas tidurnya baik maka Anda harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Mulai dari kondisi ruangan yang tenang hingga kualitas kasur bayi yang nyaman.Kasur Bayi Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur Bayi

 

Pengaruh paling besar dari kondisi kualitas tidur bayi tentunya dari suasana tempat tidur. Pastikan tempat tidurberkondisi tenang dan jauh dari keramaian. Selain itu kondisi kamar juga disarankan sejuk agar bayi lebih terlelap saat tidur. Sebaiknya tidak menggunakan AC atau kipas angin yang terlalu kencang karena bisa membuat kondisi kesehatan bayi berpengaruh. Selain kondisi kamar, Anda juga harus memperhatikan kualitas kasur yang digunakan. Bagaimanakah cara untuk memilih kasur yang baik dan nyaman untuk bayi? Lebih jelasnya Anda bisa membaca ulasan berikut ini.

Cara untuk memilih kasur bayi terbaik agar kualitas tidur bayi Anda baik adalah sebagai berikut:

 

  • Pilihlah yang terbuat dari bahan busa sehingga empuk dan membuat tubuh bayi merasa rileks.
  • Pastikan bahan busa yang digunakan bersifat dingin sehingga saat digunakan untuk tidur bayi tidak membuatnya gerah.
  • Bila kondisi tempat tidur kurang aman untuk bayi, tak ada salahnya untuk menambahkan gulingkecil disampingnya.
  • Sebelum menggunakan kasur tersebut, Anda diharuskan untuk membersihkannya terlebih dahulu. supaya kotoran dan virus penyakit tidak menempel ke tubuhnya.

Itulah beberapa cara untuk memilih kasur yang baik agar kualitas tidur bayi baik.

 

Apabila Anda menidurkan bayi pada box, sebaiknya jangan terlalu banyak melapisi kasur box menggunakan selimut. Ini akan menyebabkan bayi menjadi gerah dan merasa gatal saat tidur. Sebaiknya cukup lapisi kasur box dengan satu lapis selimut saja. Agar kondisi tidurnya nyaman, pastikan juga box bayi yang digunakan berkeadaan baik dan tidak goyang.

Jika tidur bayi Anda berkualitas maka bayi Anda akan memperoleh beberapa manfaat sebagai berikut:

 Pertumbuhan tulang bayi juga lebih maksimal mengingat tidur adalah salah satu cara untuk merelaksasi ototnya.

  • Bayi yang tidur dengan tenang dan nyenyak akan memiliki emosi yang lebih stabil di masa mendatang.
  • Sering tidur juga membuatnya akan lebih cerdas saat sudah besar kelak.
  • Ternyata banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda ambil apabila bayi bisa tidur dengan nyenyak. Untuk itulah biarkan bayi Anda tidur nyenyak. Jangan lupa pastikan kondisi kamar dan kasur bayi juga terjaga sehingga membuatnya nyaman saat tidur.

 

Demikianlah tips Kasur bayi yang merupakan bagian dari perlengkapan bayi  yang penting untuk diperhatikan dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga