Kenali 1001 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Feb 16 2015 - 8:00am admin indonews2

Kenali 1001 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan – Markisa merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah Markisa sendiri memiliki rasa yang sedikit asam manis memberikan cita rasa sendiri pada buah ini. Saat ini sendiri di Indonesia, ada dua jenis buah markisa yang beredar, yaitu buah markisa yang berada di dataran tinggi dan juga buah markisa yang berada di dataran rendah.

Buah markisa sendiri disukai tidak hanya karena rasanya yang khas, namun markisa juga memiliki manfat yang cukup banyak untuk kesehatan. Memang markisa mengandung kandungan vitamin yang tinggi, oleh karena itu memilii manfaat yang beragam. Salah satu mitos yang beredar bahkan mengatakan jika mengonsumsi satu buah markisa sesaat sebelum tidur, maka anda akan memiliki mimpi indah.

Manfaat Buah Markisa

Buah markisa sendiri memiliki nama latin Passiflora quadrangularis dan merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan. Kandungan yang cukup banyak pada buah ini adalah vitamin B, serat, protein, mineral, kalsium, dan juga banyak kandungan lainnya. Nah, beberapa manfaat markisa yang bisa kita dapat adalah antara lain.

1. Melancarkan Pencernaan

Buah Markisa mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat melancarkan pencernaan anda. Nah, jika anda merasa sedikit terganggu pada pencernaan, anda bisa memilih buah markisa sebagai salah satu alternatif untuk mengatasinya.

2. Mencegah Kanker

Buah Markisa selain mengandung serat, markisa juga mengandung antioksidan yang mampu untuk mencegha kanker. ANtioksidan dalam buah markisa dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam markisa ini kebanyakan merupakan beta karoten.

3. Mengobati Insomnia

Gangguan tidur karena stres atau hal lain, bisa anda atasi dengan mengonsumsi buah markisa ini sebelum tidur. Beberapa studi menyebutkan, buah markisa dapat memberikan efek kantuk pada bagian saraf manusia yang nantinya mengakibatkan rasa rileks dan tenang.

4. Bermanfaat Untuk Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu kandungan yang terbanyak pada buah markisa ini adalah vitamin C. Oleh karena itu, terdapat rasa sediit asam pada buah markisa ini. Vitamin C sendiri sangat berguna untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu juga, dapat mengobati anda yang sedang mengalami influenza.

5. Buah Markisa Untuk Diet

Diketahui buah markisa juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Selain itu juga mengandung sodium, lemak, dan juga mengandung karbohidrat serta gula alami yang cukup. Nah, serat yang terkandung dalam markisa juga membantu anda untuk merasa kenyang. Sehingga mengurangi nafsu makan anda.

6. Tekanan darah

Markisa sangat efektif untuk melindungi jantung dari tekanan darah tinggi. Buah Ini berisi 348 mg potasium yang merupakan 7 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kandungan Kalium yang tinggi dapat menjaga tingkat keseimbangan sodium dalam tubuh dan mencegah tekanan darah tinggi.

7. Membersihkan Usus

Markisa mengandung serat larut. Serat larut sendiri dapat membersihkan racun yang disimpan dalam usus besar. Racun ini bertanggung jawab atas munculnya kanker usus besar. 100 g buah markisa menyediakan 27 % serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Menjadikan buah ini sebagai solusi terbaik untuk membersihkan usus besar.

8. Kesehatan Mata

Karena perubahan gaya hidup yang tidak sehat masalah penglihatan berkembang dari hari ke hari. Kehilangan penglihatan mata biasanya karena kekurangan gizi dalam makanan. Tapi kehilangan penglihatan mata dapat diperbaiki dengan menmgkonsumsi makanan sehat.

Buah Markisa adalah di antara makanan sehat yang terbukti bermanfaat bagi mata. Buah Ini berisi jumlah tinggi antioksidan Vitamin A , Vitamin C dan flavonoid. Nutrisi ini melindungi mata dari kerusakan radikal bebas Sehingga sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari kehilangan penglihatan dan meningkatkan fungsi penglihatan.

9. Meningkatkan produksi Sel darah Merah

Buah markisa mengandung jumlah zat besi yang tinggi dan memiliki 20 % dari nutrisi harian. Seiring dengan kandungan zat besi yang tinggi, buah markisa juga sumber yang kaya vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan kapasitas penyerapan zat besi, mencegah hilangnya zat besi dan meningkatkan produksi darah.

10. Imunitas

Vitamin C sangat efektif untuk meningkatkan imunitas. Hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melindungi dari penyakit umum seperti pilek, flu, batuk, demam dan infeksi.

11. Kesehatan kardiovaskular

Buah markisa mengandung jumlah tinggi serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Hal ini meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan mencegah penyumbatan aliran darah ke jantung. Juga sejumlah zat antioksidan yang melindungi arteri dari radikal bebas.

12. Kesehatan Kulit

Manfaat Buah Markisa Telah anda ketahui sebelumnya dari pernyataan di atas bahwa buah ini mengandung Vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Vitamin A sendiri, terutama beta karoten yang terkandung dalam buah ini diperlukan untuk kulit sebagai reproduksi pertumbuhan sel sehat.

Sedangkan Vitamin C merupakan antioksidan yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas , sehingga mencegah penuaan dini dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Demikian Ulasan Tentang Kenali 1001 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga