Ketahuai Penyebab Serta Faktor Risiko Penyakit Vitiligo Pada Anda

Jun 18 2016 - 1:51am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Vitiligo adalah suatu kondisi penyakit kulit kronis yang ditandai dengan bagian-bagian dari kulit kehilangan pigmen. Hal ini terjadi ketika sel-sel pigmen kulit mati atau tidak dapat berfungsi. Selain kasus kontak dengan bahan-bahan kimia yang tertentu, penyebab vitiligo tidak diketahui.

Ketahuai Penyebab Serta Faktor Risiko Penyakit Vitiligo Pada Anda

Penelitian menunjukkan vitiligo mungkin timbul dari autoimun, saraf, genetik, stres oksidatif atau penyebab virus Vitiligo biasanya diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama : Segmental dan vitiligo non-segmental. Setengah dari mereka yang terkena dampak menunjukkan gangguan sebelum usia 20 tahun.

Ketahuai Penyebab Serta Faktor Risiko Penyakit Vitiligo Pada Anda

Penyebab Serta Faktor Risiko Vitiligo

Penyebab di balik kekurangan melanin tersebut belum diketahui pasti. Para ahli telah menduga penyakit ini berkenaan dengan beberapa faktor risiko :

  • Faktor keturunan. Sekitar 1 dari 5 pengidap vitiligo terdapat anggota keluarga yang mengalami penyakit yang sama.
  • Mengidap penyakit autoimun lain, seperti hipertiroidisme, diabetes DLL.
  • Stres.
  • Mengalami kerusakan kulit, misalnya akibat terbakar matahari.
  • Terpajan senyawa kimia tertentu.

Langkah Penanganan Vitiligo

Langkah penanganan utama yang dapat Anda lakukan ialah dengan memaksimalisasi perlindungan kulit dari sinar matahari. Walau tidak bisa disembuhkan, penanganan yang tepat dapat memperlambat perkembangan vitiligo serta mengoreksi penampilan kulit pengidap.

Kulit pengidap vitiligo kekurangan senyawa melanin yang berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet (uv). Karena itu, gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih agar gak mudah terbakar matahari dan terhindar dari kerusakan.

Anda juga dapat menggunakan krim ‘kamuflase’ kulit untuk mengatasinya. Krim tahan air di sini. berfungsi menyamarkan bercak-bercak vitiligo. Alternatif lainnya adalah produk kosmetik seperti losion penggelap warna kulit atau yang lebih dikenal dengan getting brownish naturally lotion.

Menjalani penanganan medis juga memerlukan kesabaran karena membutuhkan waktu lumayan lama sebelum Anda merasa keefektifannya.

Obat Oles

Dalam beberapa jenis obat oles yang digunakan untuk menangani vitiligo adalah kortikosteroid, pimecrolimus ataupun tacrolimus, dan losion depigmentasi.

Krim atau salep kortikosteroid dianjurkan oleh dokter bagi pengidap vitiligo yang cuma memiliki bercak-bercak pada segenap kecil tubuhnya. Salep sekarang bukan untuk digunakan di dalam wajah. Pengidap vitiligo yang sedang hamil juga semestinya menghindari obat ini.

Kortikosteroid memiliki efek samping yang signifikan, seperti kulit yang menipis sehingga pembuluh darah terlihat dan muncul guratan pada kulit (stretch mark). Karena itu, obat indonesia umumnya tidak digunakan sebagai penanganan jangka panjang lalu dokter akan memantau hal pengidap secara teratur semasa menggunakan obat ini.

Analog Vitamin D

Penggunaan obat ini dapat dikombinasikan dengan kortikosteroid ataupun fototerapi. Contohnya adalah calcipotriol.

Terapi Cahaya (fototerapi)

Tindak medis ini akan ditunjuk jika bercak-bercak vitiligo pengidap sudah menyebar luas ataupun tidak bisa ditangani dengan obat oles. Terapi di sini. menggunakan cahaya ultraviolet (UV) A atau B bagi mengembalikan warna kulit yang terserang vitiligo. Efek samping terapi ini adalah meningkatnya risiko kanker kulit.

Terapi Laser

Sama seperti fototerapi, prosedur ini bertujuan bagi mengembalikan warna kulit dalam bercak-bercak vitiligo, tapi sebatas efektif untuk vitiligo yang menyerang sebagian kecil kulit tubuh.

Operasi Cangkok Kulit

Dalam prosedur ini, kulit sehat dari bagian tubuh yang tidak mengalami vitiligo akan diambil dan dimanfaatkan untuk melapisi kulit yang memiliki bercak-bercak vitiligo. Operasi ini dapat dilakukan kalau bercak-bercak vitiligo Anda semata-mata menyerang sebagian kecil tubuh dan tidak mengalami pengembangan.

Ketahuai Penyebab Serta Faktor Risiko Penyakit Vitiligo Pada Anda

Baca Juga