Ketahui 100 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

Mar 9 2015 - 4:47pm admin indonews2

Ketahui 100 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan – Siapa yang tidak kenal dengan kemiri? Kemiri ini merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan untuk menambah rasa makanan. Namun selain untuk menambah rasa makanan, kemiri juga memiliki manfaat lain yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita.

Kemiri sendiri merupakan bahan dapur yang berbentuk bulat untuk menambahkan rasa dan juga bahan untuk makanan kita. Namun karena bahan rempah-rempah ini memiliki beberapa kandungan seperti asam minyak, vitamin B1, dan zat lemak, bisa bermanfaat bagi kita. Salah satunya yang sering kita ketahui adalah untuk penyubur rambut.

Manfaat Kemiri

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai apa saja manfaat kemiri yang bisa kita dapatkan.

1. Mencegah Penyakit Stroke

Bahan yang terkandung dalam kemiri 53% yang dimilikinya merupakan lemak, namun ini merupakan lemak tak jenuh. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah yang merupakan salah satu penyebab stroke.

2. Mencegah Kolestrol Hati

Selain lemak, kemiri juga mengandung vitamin, folat, dan juga fitosterol yang bermanfaat untuk merusak pembentukan kolestrol di dalam hati. Sehingga ini akan menghambat pertumbuhan atau bahkan dapat menyembuhkan kolestrol hati.

3. Obat Buang Air Besar Berdarah

Jika anda pernah mengalami buang air besar dan mengandung darah, mungkin kemiri dapat membantu anda. Anda dapat menggunakan ramuan seperti ini. Gunakan 20 gram kulit batang kemiri yang direbus dengan air sekitar 400 cc hingga tersisa 200 cc . Lalu saring ramuan tersebut, setelah itu minum airnya pada saat hangat-hangat.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Bukan rahasia lagi jika kemiri dapat mengatasi rambut rontok anda. Anda bisa memanfaatkan kemiri yang dijadikan sebagai minyak. Anda bisa menggunakan bahan tambahan seperti lidah buaya untuk membuat minyaknya. Selain untuk minyak, anda juga bisa membuat ramuan dengan cara menghaluskannya, lalu dioleskan secara menyeluruh dirambut, lalu bilas hingga bersih. dan juga kemiri dapat membantu pertuhan rambut, menebalkan rambut, menjaga rambut tetap hitam.

5. Untuk Menurunkan Demam

Anda juga dapat memanfaatkan ramuan minyak kemiri yang ditambahkan dengan 15 gram akar pulutan untuk mengobati demam. Ramuan ini dimasak hingga mendidih, lalu diminum selagi hangat.

6. Untuk Mengobati Sakit Gigi

Apakah anda pernah mengalami sakit gigi? Jika iya, anda dapat menggunakan getah dari daun kemiri ini. Getah daun kemiri dapat mengurangi rasa sakit gigi yang diderita. Cukup teteskan secukupnya getah daun kemiri pada bagian gusi yang sakit. Lakukan hal ini selama kurang lebih 3 kali seminggu hingga rasa sakit hilang.

7. Mengobati Sariawan

Ternyata Tidak hanya biji kemiri yang bermanfaat, namun bagian batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan. dengan cara : getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara merobek kulit pohon kemiri tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian mulut yang luka (sariawan).

8. Mengatasi Infeksi Jamur

Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

9. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)

Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

10. Mengobati Diare

Kemiri juga dapat di gunakan untuk mengobati diare, caranya : Ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

Demikian Ulasan Tentang Ketahui 100 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan Semoga dapat bermanfaat dan cukup membantu sahabat IndoNewsers 😀 Amin… 🙂

Baca Juga