Ketahui !!! 12 Manfaat Penting Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Sep 11 2015 - 8:29pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Sinar matahari atau radiasi matahari yang berasal dari sinar matahari. Tanaman menggunakan cahaya matahari untuk berfotosintesis dan membuat makanan. Tanpa sinar matahari, tidak akan ada kehidupan di bumi. Sinar matahari dapat menjadi baik atau buruk bagi kesehatan seseorang. Dalam terang, tubuh manusia memproduksi vitamin D sendiri. Paparan terlalu lama untuk matahari dapat menyebabkan kulit terbakar. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh hijau. Dengan air tanpa sinar matahari, tanaman akan tumbuh tinggi dengan cepat, tapi akan terlihat kurangnya kuning dan air, bahkan ketika disentuh, dirasakan daun sangat basah.

Sinar Matahri

1. Membantu Memperkuat Tulang

Sinar matahari pagi kaya akan vitamin D dan dapat merangsang serta membantu dalam penyerapan kalsium untuk tulang yang optimal. Tentu saja hal ini akan membuat kepadatan tulang yang lebih baik dan mencegah risiko tulang rapuh di usia tua.

2. Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Sinar matahari pagi merangsang produksi hormon melatonin (hormon yang membantu Anda tidur lebih nyenyak). Jadi, jika hormon melatonin terlalu rendah, orang tersebut terjaga atau tidur gelisah setiap malam.

3. Dapat Menetralkan Kanker

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang membantu tubuh untuk menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker usus besar.

4. Bunuh Bakteri Jahat

Tentara Jerman setelah Perang Dunia II tahu ini setelah penemuan dibuat oleh pemenang hadiah Nobel, Niels Finsen. Mereka menggunakan sinar matahari untuk mensterilkan dan menyembuhkan luka.

5. Mengatasi Gangguan Kulit

Sinar matahari dapat digunakan untuk mengobati sejumlah masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, eksim, dan infeksi jamur.

6. Mengurangi Kolesterol

Sinar matahari dapat mengubah kolesterol tinggi dalam darah menjadi hormon steroid dan hormon seks yang dibutuhkan untuk produksi. Sebaliknya, hormon ini bisa berubah menjadi kolesterol jika kita tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Punya masalah dengan tekanan darah tinggi? Cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

8. Membersihkan Darah dan Pembuluh Darah

Sinar matahari diserap oleh kulit dapat membantu membersihkan darah dan pembuluh darah. Literatur medis yang diterbitkan di Eropa menunjukkan bahwa pasien dengan aterosklerosis (pengerasan arteri) dapat ditingkatkan setelah paparan sinar matahari.

9. Menambah Pasokan Oksigen Dalam Tubuh

Mirip dengan efek yang diperoleh dari latihan, sinar matahari dapat meningkatkan pasokan oksigen ke tubuh. Sinar matahari juga baik untuk perkembangan otot, stamina, dan kesehatan.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sel darah putih yang dapat meningkatkan jumlahnya setelah tubuh terkena paparan sinar matahari dapat membuat tubuh lebih kuat dan terlindungi dari infeksi.

11. Baik untuk Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan tinggi anak-anak, terutama bayi, dapat ditingkatkan jika Anda mendapatkan cukup paparan sinar matahari. Penelitian juga menunjukkan bahwa seberapa sering bayi mendapat matahari pagi menentukan ketinggian nanti.

12. Mengatasi Depresi

Sinar matahari dapat memberikan 100.000 lux. Sementara itu, ketika Anda duduk di kantor sepanjang hari tanpa sinar matahari, dengan pencahayaan lampu ruangan, Anda dapat menekan ‘trik cuaca’. Kemudian Anda bisa mengambil risiko Seasonal Affective Disorder, jenis depresi yang orang biasanya paling berpengalaman yang bekerja berjam-jam di dalam ruangan.

Di Bawah Ini Untuk Membaca Artikel Kesehatan Lainnya :

Demikian Pembahasan Tentang Ketahui !!! 12 Manfaat Penting Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn 😀

Baca Juga