Ketahui 150 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Feb 15 2015 - 4:57am admin indonews3

Ketahui 150 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan – Kunyit putih atau dalam bahasa ilmiah bernama “Curcuma zedoaria” merupakan tanaman yang dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Bahkan kunyit putih juga dijadikan sebagai salah satu ramuan dari berbagai macam obat-obatan. Dari segi khasiat Kunyit putih ini tak berbeda jauh dengan kunyit lainya, namun banyak kalangan menyebut bahwa kunyit putih lebih ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Para Penelitipun turut mengungkap fenomena yang terjadi dimasyarakat tersebut terhadap kunyit putih ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Kunyit putih terbukti mengandung zat anti-oksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan Asam Deoksiribo Nukleat sebagai salah satu senyawa penyusun Gen serta zat anti curcumin sebagai zat anti peradangan.

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Kunyit Putih

Penelitian lainnya dilakukan untuk mengetahui lebih rinci tentang unsur kimia apa saja dalam kunyit putih yang memiliki kemampuan mengatasi kanker. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam kunyit putih terkandung Ribosom Inacting Protein (RIP). RIP bisa berperan dalam menghentikan tumbuh dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh bahkan bisa merontokkannya tanpa merusak sel sehat lainnya dalam tubuh.

Berikut beberapa Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan:

  • Untuk menurunkan demam dan peluruh keringat
  • Mengobati batuk darah dan sebagai penawar racun ( antitoksin).
  • Mengatasi bau nafas, sakit gigi, dan obat masuk angin
  • Mengatasi gangguan pada sistem pencernaan seperti diare dan perut kembung.
  • Mengatasi sejumlah masalah kewanitaaan seperti keputihan, nyeri haid, gatal pada bagian organ intim, serta membantu mengecilkan rahim setelah persalinan.
  • Menghilangkan jerawat dan bisul.
  • Sebagai obat asma, diabetes, darah tinggi, sakit jantung, asam urat, dam stroke.
  • Membantu mengurangi kandungan lemak perut.
  • Membantu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak dan syahwat pada orang dewasa.

1. Kunyit Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Gunakan 50 gram daun pegagan, kemudian 300 cc madu asli, lalu 3 ibu jari kunyit segar, dan 500 cc air. Selanjutnya Cincang daun pegagan dan kunyit, kemudian rebus dalam 500 cc air sampai tersisa 150 cc. dan tunggu agak mendingin, kemudian diminum. Lakukan rutin pengobatan ini sehari minum 3 kali masing-masing 1 sendok makan.

2. Kunyit Untuk Menurunkan Panas Demam

Gunakan dan Parut 20 gram kunyit segar yang telah dicuci. kemudidan Masukkan ke dalam 100 ml air matang panas, aduk perlahan sampai kunyit larut. lalu ambil larutan kunyit dengan kain bersih, kemudian buat seperti bungkusan. Peras agar airnya keluar, jangan lupa tampung diatas gelas atau wadah kecil. Minum air perasan kunyit ini sampai suhu panas akibat demam turun.

3. Kunyit Untuk Menghilangkan Bau Badan Dari Dalam

Pakailah 2 ruas ibu jari kunyit segar, parut sampai halus. kemudian Larutkan dalam 2/3 gelas air matang hangat yang telah dicampurkan gula aren. lalu Aduk beberapa menit, saring airnya dan minum. Dosis: 1 kali sehari diminum sebelum tidur.

4. Kunyit Untuk Gatal Karena Cacar Air

Petik segenggam daun asam dan sepotong rimpang kunyit, cuci hingga bersih kedua bahan. kemudian Kedua bahan diblender sampai halus. gunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang gatal setelah cacar.
Dosis pengobatan: 3 kali sehari

5. Kunyit Untuk Malaria

Siapkan bahan berupa 3 gram kunyit, 15 gram kulit pule, 5 gram kayu cendana, 5 gram kulit pohon keningar, 6 gram daun jering antan, 20 gram temulawak, minyak kayu putih 6 tetes (taruh di piring kecil), dan 500 air matang. Haluskan semua bahan kecuali minyak kayu putih, rebus dalam 500 cc air. Minum ramuan yang sudah dingin sehari 3 kali.

6. Kunyit Untuk Diare

Siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/2 jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk angina. Kombinasikan semua bahan, kemudian rebus ke dalam segelas air (150 ml) sampai mendidih. Saring air rebusan, kemudian minum obat yang telah jadi sehari 2 kali (pagi dan sore) masing-masing 75 ml.

7. Kunyit Untuk Stamina

Blender dan Peras kunyit sampai airnya sebanyak 1 sendok makan, siapkan juga sebutir telur ayam kampung, 1 sdm madu, 1 sdm air perasan jeruk nipis, dan lada bubuk secukupnya. Masukkan semua bahan dalam gelas kemudian aduk hingga tercampur, biarkan beberapa saat. Minum obat vitalitas ini sehari 3 kali.

8. Kunyit Untuk Kunyit Untuk Borok

Gunakan dan Parut 1 ruas ibu jari kunyit, tuangkan 1 sendok teh air kapur sirih dan air perasan 1 buah jeruk nipis. Aduk sampai semua bahan tercampur merata. Jadikan obat luar dengan cara membalurkan pada kulit yang terdapat borok.

9. Kunyit Untuk Keputihan

Gunakan 15 gram umbi kunyit yang sudah tua, kemudian kupas kulit dan bersihkan. lalu Parut sampai halus, tambahkan dengan 1 gelas air asam dan gula jawa. kemudian Aduk terus sampai rata, tuang sembari gunakan alat penyaring (kain). Minum obat keputihan ini sehari 2 kali.

10. Kunyit Untuk Radang Gusi

Gunakan Tanaman gambir 3 potong dan 1/2 ibu jari kunyit. lalau Potong kedua bahan dan tumbuk sampai halus. Rebus ke dalam 2 gelas air pada panci sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Tunggu agak dingin, minum rutin 3 – 4 kali dalam sehari.

11. Telat Datang Bulan

Gunakan Bahan berupa 15 gram daun sigading dan kunyit, 10 gram kapulaga dan biji pala, 5 gram jintan hitam, ketumbar dan cengkeh. Rebus semua bahan penyusun pada panci berisi 3 gelas air, tunggu mendidih dan air tersisa 1 gelas. Saring airnya dan minum obat 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas.

12. Kunyit Untuk Mencegah diabetes

Berdasarkan hasil studi 2012, meminum kapsul kurkumin juga dinyatakan dapat menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Lebih dari sembilan bulan, peserta penelitian diberikan suplemen kurkumin atau kapsul plasebo. Hasilnya, hanya lebih dari 16 persen dari orang yang mengosumsi pil plasebo didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

13. Kunyit Untuk Melawan kanker

Khasiat kunyit dapat menyembuhkan kanker bukan hal yang baru kita dengar. Pelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit dapat memerangi penyakit kanker.

Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.

14. Kunyit Untuk Melindungi fungsi otak

Dalam penelitian terbaru, peneliti menemukan ar-turmeron atau turmeron aromatik yang juga terdapat pada kunyit dapat membantu perbaikan sel-sel batang di otak. Studi ini meneliti efek ar-turmeron pada tikus terhadap suatu sel punca yang juga ditemukan dalam otak orang dewasa.

Sel punca ini berkaitan dengan pemulihan penyakit neurodegenerative seperti stroke dan alzheimer. Temuan ini menunjukkan, ar-turmeron berpotensi menjadi obat untuk penyakit yang menyerang otak itu. Studi terbaru pun menunjukkan bahwa konsumsi kunyit dapat meningkatkan ingatan pasien alzheimer.

15. Kunyit Untuk Mengurangi nyeri sendi

Manfaat kunyit juga telah diteliti terhadap seseorang yang mengalami nyeri sendi. Peneliti menemukan bahwa manfaat suplemen dari ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut.

Demikian Ulasan Tentang Ketahui 150 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Semoga Bermanfaat Buat Para IndoNewsers 😀

Baca Juga