Ketahui !! Apa Penyebab Terkena Osteoporosis Di Usia Muda ?

Jan 2 2016 - 11:44pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Osteoporosis terjadi karena kurangnya estrogen, yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita. Biasanya gejala terjadi pada wanita berusia antara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat atau lebih lambat. Tidak semua wanita memiliki risiko yang sama untuk postmenopause osteoporosis, wanita kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam.

Osteoporosis senilis terjadi karena kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan antara kecepatan kerusakan tulang dan pembentukan tulang baru. Akan tetapi penyakit ini akan datang lebih cepat jika tidak memperhatikan hal-hal berikut :

Penyebab Osteoporosis Usia Muda (dini)

Ketahui !! Apa Penyebab Terkena Osteoporosis Di Usia Muda ?

Malas Olahraga

Wanita yang terlalu malas untuk bergerak atau berolahraga terhambat proses osteoblasnya “proses pembentukan massa tulang”. Selain kepadatan tulang akan berkurang. Semakin banyak gerakan dan latihan otot akan memacu tulang untuk membentuk massa.

Begadang Setiap Malam

Begadang setiap malam juga dapat menyebabkan osteoporosis usia muda karena dinginya udara malam tidak baik untuk kesehatan tulang.

Penderita Osteoporosis Keturunan

Jika ada anggota keluarga yang menderita osteoporosis, jadi hati-hati. Osteoporosis menyerang tulang pasien dengan karakteristik tertentu. Seperti kesamaan perawakan dan tulang bentuk tubuh. Itu berarti dalam garis keluarga harus memiliki struktur genetik yang sama dari tulang.

Gaya Hidup Tidak Baik

Konsumsi daging merah dan soda, karena keduanya mengandung fosfor yang merangsang pembentukan hormon paratiroid, menyebabkan pelepasan kalsium dari darah.

Merokok

Ternyata rokok dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Perokok sangat rentan terhadap osteoporosis, karena nikotin di dalamnya mempercepat penyerapan tulang. Selain resorpsi tulang, nikotin juga membuat tingkat dan aktivitas hormon estrogen dalam tubuh berkurang sehingga sel-sel tulang pengaturan tidak kuat dalam menghadapi proses pelapukan.

Baca Juga :

Kurang Kalsium

Jika kalsium tubuh kurang maka tubuh akan melepaskan hormon yang akan mengambil kalsium dari bagian tubuh lainnya, termasuk di tulang belakang.

Banyak Mengkonsumsi Minuman Kafein Dan Alkohol

Minuman berkafein seperti kopi dan alkohol juga dapat menyebabkan keropos tulang, rapuh dan rusak. Hal ini dikonfirmasi oleh Dr. Robert Heany dan Dr. Karen Rafferty dari Creighton University Osteoporosis Research Center di Nebraska yang menemukan hubungan antara minuman berkafein dengan kebusukan tulang.

Mengkonsumsi Obat – obat

Obat kortikosteroid yang sering digunakan sebagai anti peradangan pada asma dan penyakit alergi tidak menyebabkan risiko osteoporosis. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi mengurangi massa tulang. Oleh karena itu, kortikosteroid menghambat proses osteoblas. Selain itu, heparin dan anti-kejang obat juga menyebabkan osteoporosis.

Kebiasaan Sikap Tubuh

Kebiasaan postur yang salah saat tidur dan duduk juga dapat menyebabkan osteoporosis. Membungkuk membungkuk atau dapat mengakibatkan keropos tulang.

Tidak Memerhatikan Kesehatan Tulang

Membawa beban berat di kantong atau menggunakan sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama. Hal-hal tersebut di atas adalah penyebab osteoporosis dini.

Bertubuh Kurus Dan Kecil

Kurus dan mungil bertubuh memiliki berat badan cenderung ringan misalnya kurang dari 57 kg, namun akan tulang layak membentuk sel asal ditekan oleh beban berat. Karena posisi tulang pendukung berat tulang dirangsang untuk membentuk massa di daerah, terutama di bagian pinggul dan panggul derah. Jika berat badan lebih ringan dari massa tulang cenderung kurang sepenuhnya terbentuk.

Demikian Pembahasan Tentang Ketahui !! Apa Penyebab Terkena Osteoporosis Di Usia Muda ? Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca IndoNews.Co.Id Aminnn . . . 😀

Baca Juga