Ketahui Faktor Penyebab Terjadinya Radang Paru-Paru Dan Cara Penanganannya

May 21 2016 - 6:58pm Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Radang paru-paru atau pneumonia ialah kondisi inflamasi pada paru–utamanya memengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik yang dikenal sebagai soft palate. Kondisi ini biasanya dikarenakan oleh infeksi virus ataupun bakteri dan lebih jarang mikroorganisme lainnya, obat-obatan terpilih, dan kondisi lain misalnya penyakit autoimun.

Ketahui Faktor Penyebab Terjadinya Radang Paru-Paru Dan Cara Penanganannya

Gejala khasnya meliputi batuk, nyeri daddy, demam, dan kesulitan bernapas. Alat diagnostik mencakup rontgen dan pengambilan kultur yang sputum. Vaksin untuk mencegah jenis pneumonia tertentu sekarang sudah tersedia. Pengobatan yang dilakukan bergantung pada penyebab dasarnya. Dugaan pneumonia bakterial diobati dengan antibiotik. Andai pneumonianya parah, penderita rata-rata dirujuk ke rumah sakit.

Penyebab Radang Paru-paru

Pneumonia terutama dikarenakan oleh infeksi dari bakteri atau virus dan jarang dijumpai disebabkan oleh infection dan parasit. Walaupun memiliki lebih dari 100 galur agen infeksi yang sudah diidentifikasi, namun hanya segenap yang bertanggungjawab atas mayoritas kasus yang ada.

Infeksi bersama dengan virus beserta bakteri dapat muncul sehingga sebanyak 45 % infeksi di anak-anak dan 15 % infeksi pada orang dewasa. Agent penyebabnya tidak dapat diisolasi pada sekitar setengah fall yang ada walaupun pengujian yang cermat telah diterapkan.

Bakteri

Bakteri adalah penyebab paling umum dari pneumonia, dengan Streptococcus pneumoniae berhasil diisolasi dalam hampir 50 % kasus yang ada.

Virus

Virus sepertiga kasus pneumonia dalam orang dewasa dan sekeliling 15 % kasus dalam anak-anak. Agen yang rata-rata terkait mencakup: rhinovirus, coronavirus, virus influenza, virus sinsitium pernapasan (RSV), adenovirus, kemudian parainfluenza.

Fungi

Pneumonia jamur jarang dijumpai, namun ekstra sering muncul pada individu yang menderita sistem kekebalan lemah akibat AIDS, obat penekan kekebalan, atau masalah medis lainnya. Jenis ini amat sering disebabkan oleh Histoplasma capsulatum, blastomyces, Cryptococcus neoformans, Pneumocystis jiroveci, dan Coccidioides immitis.

Parasit

Beragam parasit dapat memengaruhi paru-paru, termasuk: Toxoplasma gondii, Strongyloides stercoralis, Ascaris lumbricoides, dan Plasmodium malariae. Berbagai organisme di sini. biasanya memasuki tubuh melampaui kontak langsung dengan kulit, pencernaan, atau melalui vektor serangga.

Idiopatik

Pneumonia interstisial idiopatik atau pneumonia yang tidak menular merupakan kelas penyakit paru difus. Kelas ini mencakup: kerusakan back difus, organizing pneumonia, pneumonia interstisial non-spesifik, pneumonia interstisial limfositik, pneumonia interstisial desquamative, penyakit paru interstisial bronkiolitis pernapasan, dan pneumonia interstisial biasa.

Penanganan Secara Medis

Dokter Anda terlebih dahulu harus memutuskan apakah Anda perlu berada di rumah sakit. Jika Anda dirawat di rumah sakit, Anda akan menerima:

  • Cairan dan antibiotik melalui vena.
  • Terapi oksigen.
  • Perawatan Pernapasan.

Ketahui Faktor Penyebab Terjadinya Radang Paru-Paru Dan Cara Penanganannya

Baca Juga