Ketahui Gejala, Pengobatan Dan Pencegahan Batu Ginjal Demi Kesehatan Dan Kebugaran

May 6 2016 - 9:16am Indonews Coid

IndoNews.Co.Id – Batu Ginjal merupakan Batu-batu urine dalam ginjal. Sering lagi terdapat dalam kandung kencing. Sebab primer dalam pembentukan endapan-endapan batu urine adalah urine berisi terlalu banyak garam ataupun karena garam-garam yang gak larut atau larutnya sedikit. Dalam proses berikutnya batu-batu tersebut mengendap pada sekitar benda-benda asing. Inti atau pusat dari butir batu biasanya adalah sel epitel, lendir, nanah, sel darah merah dsb. Di dalam beberapa hal makanan yang mengandung garam dan akan mempercepat pembentukan batu ginjal.

Ketahui Gejala, Pengobatan Dan Pencegahan Batu Ginjal Demi Kesehatan Dan Kebugaran

Gejala Batu Ginjal

Gejala awal yang dalam derita penderita Batu Ginjal antara lain :

  • Terasa nyeri dan sakit pada saat kencing,
  • Mual dan muntah, Demam tinggi, Sering mengeluhkan rasa sakit pada pinggang.
  • Terjadinya pembengkakan pada kaki dan mata, Perubahan ragam struktur air seni.
  • Terkadang kencing di sertai darah.
  • Sering bangun di dalam tidur nyenyak hanya utk kencing.
  • Berkurangnya nafsu makan dan turunnya berat awak.
  • Pembengkakan juga terjadi di pergelangan kaki dan tangan.
  • Terkadang merasakan sesak nafas/sulit bernafas, juga selalu merasakn lelah dan lemas.

Pengobatan Batu Ginjal

Pengobatan penyakit batu ginjal dibagi jadi dua berdasarkan ukuran batu ginjalnya. Jika batu ginjal masih tergolong kecil / sedang, serta masih meraih melewati saluran kemih sama sekali tanpa harus dilakukan operasi, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran yang disarankan.

Dengan adanya haluan cairan secara terus-menerus, diminta batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya. Jika gejala yang dirasakan akibat pasien cukup mengganggu, rata-rata dokter cukup meresepkan obat pereda rasa sakit, umpama parasetamol, ibuprofen atau kodein.

Penanganan dengan cara operasi sangat jarang dilakukan. Langkah ini rata-rata baru akan diterapkan kalau batu berukuran lebih besar sehingga menyumbat disaluran kemih pasien. Apabila tidak kunjung ditangani, dikhawatirkan kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah misalnya pendarahan atau bahkan kerusakan ginjal.

Mengobati Batu Ginjal Kecil

Jika batu ginjal kecil maka tidak harus memerlukan pengobatan invasif (operasi). Berikut obat batu ginjal dan cara-cara mengatasinya : Minum air putih. Minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter per hari dapat membantu melancarkan kemihan, dalam hal ini air akan mengencerkan lalu melarutkan zat-zat pekat yang berpotensi menimbulkan batu ginjal.

Terapi Medis

Obat batu ginjal medis akan mendukung batu ginjal melewati saluran kencing dan akhirnya dibuang lewat urin. Jenis obat, yang dikenal sebagai alpha dog blocker, berfungsi melemaskan otot-otot di saluran kencing, hingga membantu batu ginjal ekstra cepat melewatinya untuk dibuang melalui urin dan dengan lebih sedikit rasa sakit.

Pencegahan Batu Ginjal

Trik mencegah batu ginjal tiada lain cukup sederhana. Perlu minum cukup air mineral tiap hari serta membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang berisi zat-zat yang berpotensi mengakibatkan terbentuknya batu ginjal, seolah-olah oksalat, kalsium, dan necessary protein.

Selain dengan minum patut air dan membatasi asupan zat-zat tertentu, pencegahan batu ginjal juga bisa diaplikasikan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Pada umumnya langkah ini dianjurkan utk mencegah kambuh bagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal.

Segera konsultasikan dengan dokter jika rasa sakit yang anda alami tak kunjung membaik 😀

Ketahui Gejala, Pengobatan Dan Pencegahan Batu Ginjal Demi Kesehatan Dan Kebugaran

Baca Juga