Khasiat dan Manfaat Daun Awar Awar Bagi Kesehatan

Oct 12 2014 - 9:08am admin indonews3

IndoNews.co.idKhasiat dan Manfaat Daun Awar Awar Bagi Kesehatan. Satu lagi tumbuhan liar yang ternyata kini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat ternyata ada disekeliling kita. Tanaman awar-awar atau yang dalam bahasa latin disebut Ficus septicum Burm.b merupakan jenis tanama liar yang dapat merusak tanaman lain yang ada dikebun.

Tanaman daun awar-awar sendiri memiliki ciri khas batang pokok bengkok bengkok, lunak, ranting bulat silindris, berongga, gundul, bergetah bening. Daun penumpu tunggal, besar, sangat runcing, daun tunggal, bertangkai, duduk daun berseling atau berhadapan, bertangkai 2,53 cm.

Khasiat dan Manfaat Daun Awar-awar Bagi Kesehatan

Tanaman Awar Awar

Khasiat dan Manfaat Daun Awar Awar Bagi Kesehatan

Kini nama tanaman ini semakin banyak dikenal karena sudah terbukti akan khasiat dan manfaatnya, meskipun demikin tanaman awar-awar memiliki sebutan lain yang berbeda-beda ditiap wilayah seperti: Sirih popar (Ambon) Tagalolo, Bei, Loloyan (Minahasa); Ki ciyat (Sunda); Awar awar (Jawa) ; Bar-abar (Madura); Awar awar (Belitung); Tobotobo (Makasar); Dausalo (Bugis); Bobulutu (Halmahera Utara); Tagalolo (Ternate). NAMA ASING: Papua New Guinea: omia (Kurereda, Northern Province), manibwohebwahe (Wagawaga, Milne Bay), bahuerueru (Vanapa, Central Province). Philippines: hauili (Filipino), kauili (Tagalog), sio (Bikol).

Menurut beberapa ilmuwan yang telah melakukan penelitian terhadap kandungan dari awar-awar menemukan sejumlah senyawa seperti Flavonoid, Sterol. Tak hanya itu daun awar-awar juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan Bacillus subtilis dan Escherichia coli secara in vitro, hasil pengujian bioautografi dilaporkan bahwa 4 g ekstrak daun awar awar yang larut dalam Metanol dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Antofin (5 g) berefek sebagai antibakteri (B. subtillis, M flavus dan E. Coli).

Baca Yang Lain :

Dari hal tersebut diatas semakin jelas jika memang benar bahwa tanaman yang atu ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti : obat penyakit kulit, radang usus buntu, mengatasi bisul, gigitan ular berbisa dan sesak napas. Akar digunakan untuk penawar racun ikan dan penanggulangan asma.

Cara Penggunaan : Perasan air dari tumbukan akar awar awar dan adas pulowaras dapat digunakan untuk mengobati keracunan ikan, gadung (Dioscorea hispida dennst) dan kepiting. Jika ditumbuk dengan segenggam akar alang-alang dan airnya diperas merupakan obat penyebab muntah yang sangat manjur.

Pembahasan Menarik Sebelumnya :

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga