1000 Khasiat dan Manfaat Tanaman Gondopuro Bagi Kesehatan

Oct 16 2014 - 1:43pm admin indonews3

IndoNews.co.id – 1000 Khasiat dan Manfaat Tanaman Gondopuro Bagi Kesehatan. Gondopuro, ya saya yakin seluruh masyarakat tahu akan tanaman yang satu ini. Pasalnya tanaman yang satu ini sangat terkenal akan minyaknya. Minyak Gondopuro yang sering kita dengar dari berbagai media.

Mengenai khasiatnya sepertinya tak diragukan lagi, sejak dahulu banyak orang menggunakan tanaman yang satu ini untuk dijadikan sebagai minyak guna dilumasi ke daerah yang sakit dengan sedikit pijatan maka seketika rasa sakit hilang. Kini gondopuro sangat populer karena manfaat dan khasiatnya sudah banyak dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Khasiat dan Manfaat Gondopuro Bagi Kesehatan

Tanaman Gondopuro

Gondopuro sejatinya memiliki nama latin Gaultheria Fragrantissima yang merupakan satu keluar dengan tanaman perdu. Gondopuro dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama Tantigi bodas. Tanaman ini tersebar di pegunungan Jawa dan Sumatera. Gondopuro dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian lebih dari 1200 m dari permukaan air laut.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, gondopuro memang dinyatakan memiliki kandungan khusus seperti saponin dan flavonoida yang terkandung di daun, akar dan batang dari tanaman gondopuro ini, Tak hanya itu tanaman ini juga terbukti mengandung tanin dan minyak atsiri serta terdapat juga kandungan polifenol.

Simak Juga :

Mengenai khasiat, mungkin sebagai pembaca sudah mengetahui dan menebak apa kegunaan dan khasiat dari tanaan yang satu ini. Ya Gondopuro pada umumnya digunakan sebagai obat gosok atau minyak gosok sebagai pertolangan pertama para sakit sesak di dada, sakir perut/kembung/masuk angin, kaki keselo, kaki keram, tangan terkilir, badan pegal-pegal dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya daunnya saja ternyata yang memilki khasiat, akar dari gondopuro ternyata juga memiliki beberapa manfaat seperti :

  • Mengobati demam tinggi,
  • Mengobati batuk,
  • Mengatasi sukar buang air besar (konstipasi), dan
  • Mengobati batu saluran kencing.
  • Bijinya Juga digunakan untuk mengatasi  :  Sakit kepala

Manfaat Lainnya Sebagai Salah Satu Produk Obat Herbal Adalah :

  • Obat Nyeri Otot
  • Sebagai Minyak Obat Gosok Untuk Mengobati keseleo,
  • Obat Pegal Linu
  • Obat Gatal Tradisional akibat gigitan serangg

CARA PEMAKAIANNYA :

  • Untuk obat yang diminum, rebus 10-15 g akar segar, lalu air rebusannya diminum.
  • Untuk pemakaian luar, cuci daun segar, lalu giling sampai halus. Bubuhkan ramuan tersebut pada bisul, koreng, atau pada tulang yang patah (fraktur), lalu balut dengan kain perban. Cara lain, rendam bunga dalam minyak kelapa, lalu oleskan pada luka bakar atau luka akibat tersiram air panas.

 

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Artikel Sebelumnya :

Baca Juga