Khasiat dan Manfaat Tanaman Begonia Bagi Kesehatan

Sep 24 2014 - 10:57pm admin indonews3

IndoNews.co.idKhasiat dan Manfaat Tanaman Begonia Bagi Kesehatan. Bagi pecinta tanaman hias pasti sudah tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Ya Begonia awalnya memang terkenal akan tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi, namun seiring dengan perkembangan jaman nilai dari begonia semakin menurun.

Meskipun demikian, hal tersebut tak pelak juga menurunkan khasiat dan manfaat tanaman begonia ini bagi kesehatan manusia. Tanaman Begonia sejatinya memiliki nama latin Begonia popenoci Standley yang konon bermula dari sebuah hutan tropis. Ketenaran begonia sebagai tanaman hias memang tak perlu diragukan lagi, pasalnya banyak sekali sebutan-sebutan untuk tanaman yang satu ini.

Baca Yang Lain :

Tanaman Begonia lebih sering dan akrab disapa c mbilung oleh para orang tua jaman dahulu yang masin sering menggunakan begonia ini untuk menyembuhkan beberapa acam peyakit.

Khasiat dan Manfaat Begonia Bagi Kesehatan

Daun Begonia

Khasiat dan Manfaat Tanaman Begonia Bagi Kesehatan

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, tanaman begonia ini terbukti memiliki  kandungan senyawa yang cukup banyak. Daun, batang dan Bunga Begonia glabra rnengandung saponin, daunnya juga mengandung tanin, batang dan bunganya rnengandung flavonoida, disamping itu batangnya juga mengandung pohfenol berkhasiat sebagai obat luka baru –  Caranya, ambil 15 gram daun segar, dicuci bersih, kemudian ditumbuk sampai lumat dan dibalurkan/diparemkan pada luka.

Jadi wajar saja jika saya tanaman yang satu ini memang banyak digunakan. Berikut beberapa manfaat dan khasiat begonia bagi kesehatan besera cara pengolahannya :

Obat Penurun Panas : Seluruh bagian tanaman begonia dalam keadaan segar sebanyak 30 gram, dicuci, direbus dengan 200 ml air sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya, saring dan setelah dingin diminum sekaligus, dilakukan sehari 2-3 kali.

Obat Sakit Haid : Seluruh bagian tanaman begonia segar sebanyak 50 gram, dicuci direbus dengan 400 ml air sampai mendidih sclama 15 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Baca juga : cara membuat rambut hitam berkilau secara alami

Semoga Bermanfaat Indonewsers 🙂

Baca Juga